Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Bank Syariah Berdasarkan Income Statement Approach Dengan Value Added Statement Pada Bank Syariah Mandiri Di Indonesia

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan bank syariah dengan menggunakan pendekatan laba rugi dan nilai tambah. Rasio keuangan yang digunakan terdiri dari ROA, ROE,NPM, dan BOPO. Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS uji beda t-test menunjukkan bahwa rata-rata rasio keuangan ROA, ROE, dan NPM tedapat perbedaan yang signifikan antara Income Statement Approach dan Value Added Statement, sedangkan pada rasio BOPO antara Income Statement Approach dan Value Added Statement tidak terdapat perbedaan dan bila dilihat secara keseluruhan tingkat profitabilitas menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara Income Statement Approach dan Value Added Statement.
Value Added Statement memberikan informasi yang berkaitan dengan pendistribusian bagi hasil yang diperoleh oleh bank. Oleh sebab itu, ada baiknya Bank Syariah bersedia menerbitkan Value Added Statement sebagai tambahan laporan keuangan yang diterbitkan.
Kata kunci: Kinerja Keuangan, Laporan Nilai Tambah, Laporan Rugi/Laba
Penulis: Wahyuni Wiranti
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd141568

Artikel Terkait :