SUPLEMENTASI BESI MINGGUAN MENINGKATKAN HEMOGLOBIN SAMA EFEKTIF DENGAN KOMBINASI MINGGUAN DAN HARIAN PADA REMAJA PUTRI
Abstract: Penelitian kuasi
eksperimental ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan efektivitas tiga cara
pemberian suplementasi besi terhadap perubahan kadar hemoglobin pada remaja
putri. Tiga kelompok intervensi menerima suplemen besi (60 mg besi elemental
dan 0,25 mg asam folat) selama 14 minggu di Kabupaten Tasikmalaya pada bulan
Maret-Juni 2015. Kelompok tersebut masing-masing menerima suplemen besi secara
mingguan (M), mingguan dan setiap hari selama 10 hari menstruasi (M+Mens),
serta mingguan disertai pendidikan gizi (M+PG). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa peningkatan kadar hemoglobin tidak berbeda nyata (p>0,05) pada semua
kelompok perlakuan (M+PG 0,63±1,16 g/dl, M+Mens 0,48±1,04 g/dl, dan M 0,44±1,13
g/dl). Suplementasi besi dapat menurunkan prevalensi anemia masing-masing
sebesar 15,8% (M), 18,0% (M+Mens) dan 4,9% (M+PG). Suplementasi besi secara
mingguan memiliki efektivitas yang sama dengan mingguan dan selama menstruasi
dalam meningkatkan kadar hemoglobin pada remaja putri. Suplementasi besi pada
remaja sebaiknya diberikan secara intermittent (mingguan) dengan manfaat
tambahan yaitu tingginya kepatuhan konsumsi suplemen.
Penulis: Yeti Sutanti, Dodik
Briawan, Drajat Martianto
Kode Jurnal: jpkesmasdd160027