Upaya Peningkatan Aktivitas dan Kreativitas Siswa Kelas VIIC pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Melalui Inquiri Terbimbing di MTs N 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Abstrak: Pembelajaran yang monoton akan mempengaruhi aktivitas dan kreativitas siswa khususnya pada materi pembelajaran pencemaran dan kerusakan lingkungan. Penggunaan model Inquiri Terbimbing dalam materi pembelajaran pencemaran dan kerusakan lingkungan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas di kelas VI C di MTsN 2 Yogyakarta dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks  model  Inquiri  Terbimbing  pada  materi  pembelajaran  pencemaran  dan  kerusakan lingkunganpadasiswakelas VII CMTsN 2 Yogyakarta, dan upaya untuk mengatasi hambatan pada pencemaran dan kerusakan lingkungan pada siswa kelas VII C MTsN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTsN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan model Inquiri Terbimbing. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi, yaitu dengan lembar observasi aktivitas dan kreativitas siswa dan tes, yaitu berupa soal divergen berjumlah 5 soal per siklus. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pencemaran dan kerusakan lingkungan melalui model Inquiri Terbimbing pada siklus II dan siklus III mengalami peningkatan dari segi proses maupun hasil. Aktivitas belajar pada siklus I nilai rata-rata siswa telah mencapai17, 43, pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 16,96 , dan pada siklus III sebesar 17,51. Sedangkan nilai rata-rata kreativitas berpikir siswa pada siklus I sebesar 9,75, pada siklus II sebesar 9,72, dan pada siklus III menjadi 9,90.
Kata kunci: Inquiri Terbimbing, Aktivitas, Kreativitas
Penulis: Nugraheni Apri Utami, Muhammad Joko Susilo
Kode Jurnal: jpbiologidd140837

Artikel Terkait :