Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif C1-C3 pada Materi Ekosistem Melalui Strategi Pembelajaran Bowling Campus Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Sewon Bantul Tahun 2013/2014

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan kognitif C1-C3 siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta melalui penerapan strategi pembelajaran Bowling Campus pada materi pembelajaran ekosistem tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta pada tahun pelajaran 2013/2014, berjumlah 28 siswa. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan teknik observasi dan data kemampuan kognitif dikumpulkan dengan teknik tes. Instrument yang digunakan adalah soal tes berupa pilihan ganda yang sebelumnya sudah diuji melalui uji validitas expert, lembar observasi proses pembelajaran dan catatan harian guru. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif.
Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran, dengan melakukan perbaikan pada siklus ke 2 dalam hal meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan jumlah siswa yang telah tuntas, dan mengevaluasi skor untuk setiap siswa yang menjawab pertanyaan pada proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,63 % dan peningkatan kemampuan kognitif C1-C3 siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,59 pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta.
Kata kunci: Aktivitas belajar, Kemampuan kognitif, Bowling Campus, Ekosistem
Penulis: Ni Made Dwi Ayu S.A, Sudjoko
Kode Jurnal: jpbiologidd140838

Artikel Terkait :