PENGARUH TERAPI MUROTTAL SURAH AR-RAHMAN TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA LANJUT USIA (LANSIA) PENDERITA HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA KENANGA WILAYAH KERJA UPK PUSKESMAS SIANTAN HULU KECAMATAN PONTIANAK UTARA

ABSTRACT: Seiring dengan bertambahnya usia, risiko terkena hipertensi akan semakin meningkat pula, terutama pada lansia. Jika hipertensi pada lansia tidak dikendalikan akan dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke. Salah satu terapi komplementer yang dapat mengendalikan tekanan darah adalah terapi Murottal Surah Ar-Rahman.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh terapi murottal surah Ar-Rahman terhadap perubahan tekanan darah pada lanjut usia (lansia) penderita hipertensi di Posyandu Lansia Kenanga wilayah kerja UPK Puskesmas Siantan Hulu Kecamatan PontianakUtara.Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan metode quasi-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design tanpa adanya kelompok kontrol. Jumlah sampel 24 responden dengan teknik Non Probability Sampling dan metode PurposiveSampling. Analisa menggunakan uji t berpasangan pada tekanan darah sistolik dan uji Wilcoxon pada tekanan darah diastolik.
Hasil: Uji statistik dengan uji t berpasangan didapatkan bahwa nilai p tekanan darah sistolik sebelum dan setelah diberikan terapi murottal surah Ar-Rahman adalah 0.000 dan hasil uji Wilcoxon didapatkan bahwa nilai p tekanan darah diastolik sebelum dan setelah dilakukan terapi murottal surah Ar-Rahman adalah 0.000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai p tekanan darah sistolik dan diastolik lebih kecil dari 0.05.
Kesimpulan: Ada pengaruh terapi murottal surah Ar-Rahman terhadap tekanan darah sebelum dan setelah diberikan intervensi pada lansia penderita hipertensi, sehingga  terapi murottal surah Ar-Rahman efektif untuk menurunkan tekanan darah pada lansia. Hal ini dapat direkomendasikan sebagai salah satu intervensi keperawatan.
Kata Kunci: Terapi Murottal Surah Ar-Rahman, Lansia, Hipertensi
Penulis: Ika Wahyu Widyastuti
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150310

Artikel Terkait :