HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU PRIMIGRAVIDA DENGAN KEIKUTSERTAAN DALAM SENAM HAMIL DI PUSKESMAS KORPRI KECAMATAN SUNGAI RAYA 1 TAHUN 2015

ABSTRACT: Senam hamil merupakan suatu metode penting untuk mempertahankan, memperbaiki keseimbangan fisik dan melatih pernapasan ibu hamil guna menghadapi persalinan. Pada kehamilan pertama atau primigravida, tidak jarang muncul ketakutan-ketakutan akibat dari kurangnya pengalaman dalam menghadapi persalinan sehingga menyebabkan terjadi kecemasan. Salah satu cara untuk mengurangi penyulit dalam persalinan adalah dengan melakukan senam hamil secara rutin. Untuk melakukan senam hamil, dibutuhkan adanya motivasidalam diri ibu primigravida. Selain itu pengetahuan juga mempengaruhi minat ibu primigravida untuk ikut serta dalam senam hamil.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan motivasi ibu primigravida dengan keikutsertaan dalam senam hamil di Puskesmas Korpri Kecamatan Sungai Raya Tahun 2015.
Metode: Desain penelitian ini survey analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini erjumlah 39 responden. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisis statistik yang digunakan analisis chi square. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan keikutsertaan dengan nilai p=0,354, dan motivasi ibu primigravida dengan keikutsertaan dalam senam hamil nilai p=0,217.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan tingkat pengetahuan dan motivasi ibu primigravida dengan keikutsertaan dalam senam hamil di Puskesmas Korpri Kecamatan Sungai Raya Tahun 2015. Walaupun demikian, diharapkan tim kesehatan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil, dengan memberikan penyuluhan dan mengadakan senam hamil lebih optimal.
Kata Kunci: Senam hamil, Tingkat Pengetahuan, Motivasi
Penulis: Neni Nursepti Hudajanti
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150311

Artikel Terkait :