PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI KECEMASAN SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TABANAN TAHUN AJARAN 2010/2011)

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui dampak implementasi asesmen portofolio terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa dibandingkan dengan asesmen konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak perbedaan tingkat kecemasan siswa terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 224 siswa, dan 84 siswa digunakan sebagai sampel penelitian.
Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan menulis dan kuesioner kecemasan siswa yang kemudian dianalisis dengan uji statistik Anava Dua Jalur (Anava AB) dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen portofolio lebih tinggi daripada kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen konvensional (FA = 5,89 > Ftab(α:0,05) = 3,96); (2) terdapat interaksi antara pendekatan asesmen dengan kecemasan siswa (FAB = 35,91 > Ftab(α:0,05) = 3,96); (3) pada kelompok siswa dengan kecemasan tinggi, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen konvensional (Qhitung = 2,44 < Qtabel(α:0,05) = 2,86 ); (4) pada kelompok siswa dengan kecemasan rendah, kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen portofolio lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen konvensional (Qhitung = 13,93 > Qtabel(α:0,05) = 2,86).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan asesmen portofolio dan kecemasan siswa berpengaruh terhadap kemampuan  menulis bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan tahun ajaran 2010/2011.
Kata-kata kunci: asesmen portofolio, kemampuan menulis bahasa Inggris, asesmen konvensional, kecemasan siswa
Penulis: Kadek Dian Wijayanti
Kode Jurnal: jppaudsddd110009

Artikel Terkait :