TUJUAN PENGENDALIAN KUALITAS

Maksud dan tujuan pengendalian kualitas adalah untuk spesifikasi produk  yang telah ditetapkan sebagai standar dan dapat terlihat pada produk akhir, yang tujuannya agar barang atau produk hasil produksi sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.
Tujuan pengendalian kualitas, yaitu:
  1. Agar  barang  hasil  produksi  dapat  mencapai  standar  mutu  yang  telah ditetapkan. Apabila dalam proses produksi perusahaan dapat mencapai kualitas yang telah ditetapkan, berarti produk yang dihasilkan dapat diterima oleh konsumen.
  2. Mengusahakan agar biaya inspeksi dapat menjadi sekecil mungkin. Dengan  adanya  pengendalian  kualitas,  maka  biaya  inspeksi  dapat  ditekan sekecil mungkin.  Hal  ini  dikarenakan  dengan  adanya  pengendalian  kualitas  yang  baik,  yang dilaksanakan  oleh  perusahaan,  maka  kerusakan-kerusakan  akan  jarang  terjadi  karena dapat diketahui sedini mungkin. Sehingga dapat menekan biaya-biaya perbaikan.
  3. Mengusahakan agar biaya produksi menjadi rendah. Dengan  dilaksanakan  pengendalian  kualitas,  maka  kerugian-kerugian  yang  diakibatkan oleh  produk  yang  tidak  memenuhi  standar  mutu  yang  telah  ditetapkan  dapat  ditekan sekecil mungkin, hal ini menyebabkan biaya produksi menjadi rendah.
Pada  permasalahan  standar  mutu  tersebut,  pihak  perusahaan  perlu  memperhatikan selera  dan  kepentingan  dari  pada  konsumen,  sehingga  produk  tersebut  diproduksi  sesuai dengan pembeli, baik mutu produk maupun ukurannya.

Artikel Terkait :