PENGERTIAN KUALITAS PRODUK

Ada beberapa pengertian kualitas produk. Kualitas produk merupakan fokus utama dalam perusahaan, kualitas merupakan salah satu kebijakan penting dalam meningkatkan daya saing produk yang harus memberi kepuasan kepada konsumen yang melebihi atau paling tidak sama dengan kualitas produk dari pesaing. Berikut ini definisi kualitas produk dari para pakar utama.
Menurut Kotler (2000:67) yang diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Rony A.Rusli mengatakan bahwa: ”Pengertian Kualitas produk adalah keseluruhan ciri dari suatu produk yang berpengaruh pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan / tersirat.
Menurut  Crosby (1979),  pengertian kualitas  produk  adalah  produk  yang  sesuai  dengan  yang disyaratkan atau distandarkan. Suatu produk memiliki kualitas apabila sesuai dengan standar kualitas  yang  telah  ditentukan. Menurut  Juran (1993)  kualitas  produk  adalah  kecocokan penggunaan produk untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
Menurut  Deming (1982),  Pengertian Kualitas  produk  adalah  kesesuaian  produk  dengan kebutuhan  pasar  atau  konsumen.  Perusahaan  harus  benar-benar  memahami  apa  yang dibutuhkan  konsumen.  Perusahaan  harus  benar-benar  memahami  apa  yang  dibutuhkan konsumen atas suatu produk yang akan dihasilkan.
Menurut Felgenbaum (1986), pengertian kualitas produk adalah suatu produk yang sesuai dengan apa  yang  diharapkan  konsumen. Menurut  Garvin (1988),  kualitas  produk  adalah  suatu kondisi  dinamis  yang  berhubungan  dengan  produk,  manusia  atau  tenaga  kerja,  proses,  serta lingkungan yang mematuhi atau melebihi harapan pelanggan atau konsumen.
Dengan melihat definisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian kualitas produk adalah suatu  usaha  untuk  memenuhi  atau  melebihi  harapan  pelanggan,  di  mana  suatu  produk tersebut  memiliki  kualitas  yang  sesuai  dengan  standar  kualitas  yang  telah  ditentukan,  dan kualitas  merupakan  kondisi  yang  selalu  berubah  karena  selera  atau  harapan  konsumen  pada suatu produk selalu berubah.

Artikel Terkait :