PENGERTIAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Ada beberapa Pengertian Keputusan Pembelian menurut para ahli. Pemahaman mengenai keputusan pembelian konsumen meliputi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan tidak menggunakan barang atau jasa. Memahami konsumen tidaklah mudah karena setiap konsumen memutuskan pembelian tertentu yang berbeda-beda dan sangat bervariasi.
Menurut Kotler yang diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A Rusly (2002:204), “Keputusan pembelian adalah serangkaian proses yang dilalui konsumen dalam memutuskan tindakan pembelian”.
Menurut Asih (2008), menyatakan bahwa: ”Perilaku pembelian seseorang terhadap suatu produk dipengaruhi banyak faktor. Tiap individu mempunyai keinginan dan selera yang berbeda-beda. Kualitas produk merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, selain itu masih banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi perilaku pembelian tersebut.”
Menurut Buchari Alma (2004) Keputusan pembelian adalah “...individu mengadakan proses dalam dirinya, akhirnya melakukan pembelian dengan tujuan memperoleh kepuasan dari barang yang dibelinya itu”.
Menurut Leon G. Schiffman & Leslie L. Kanuk dialihbahasakan oleh Zoelkifli Kasip (2004) “the behavior that consumer display in searching for purchasing, using, evaluating and disposing of product service”. Studi perilaku konsumen adalah suatu studi mengenai bagaimana seorang individu membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang ada.
Berdasarkan teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli diatas secara tersirat bahwa di dalam melakukan proses keputusan pembelian, seorang konsumen akan memperhatikan kualitas yang dimiliki oleh produk tersebut. Salh satu komponen yang menjadi bagian dari produk adalah kualitas produk.

Artikel Terkait :