HIRARKI PRODUK

Hirarki Produk terdiri dari beberapa kelompok. Setiap produk berkaitan secara hirarkis dengan produk-produk tertentu lainnya. Hierarki produk ini dimulai dengan kebutuhan dasar sampai item tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut.
Hierarki produk terdiri tujuh tingkatan (Kotler yang diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A. Rusly (2002) yaitu:
  1. Keluarga kebutuhan (need family): Kebutuhan inti yang mendasari keberadaan suatu kelompok produk.
  2. Keluarga produk (product family): semua kelas produk yang dapat memenuhi suatu kebutuhan inti dengan efektivitas memadai.
  3. Kelas produk (product class): Sekelompok produk dalam keluarga produk yang diakui mempunyai kesamaan fungsional.
  4. Lini produk (product line): Sekelompok produk dalam kelas produk yang berkaitan erat karena mereka melaksanakan suatu fungsi yang serupa, dijual pada kelompok pelanggan yang sama, dipasarkan melalui saluran distribusi yang sama, atau berada dalam rentang tertentu.
  5. Jenis produk (product type): Satu kelompok produk dalam satu lini produk, yang sama sama memiliki suatu dari berbagai kemungkinan bentuk produk tersebut.
  6. Merek (brand): satu atau beberapa produk dalam lini produk yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber atau karakter produk tersebut.
  7. Unit produk (item, juga disebut stockkeeping unit atau product variant): satu unit tersendiri dalam suatu merek atau lini produk yang dapat dibedakan menurut ukuran, harga, penampilan atau atribut lain.

Artikel Terkait :