DIMENSI KUALITAS PRODUK

Ada beberapa Dimensi Kualitas Produk. Menurut David Gravin yang dikutip oleh Fandy Tjiptono (2002) ada 8 dimensi penentu kualitas produk manufaktur. Dimensi kualitas produk tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Kinerja (Performance). Adalah karakteristik pokok dari produk tersebut. misalnya kecepatan, kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan.
  2. Ciri-ciri keistimewaan tambahan (Feature). Yaitu karakteristik sekunder atau pelanggan. Misalnya keunikan,keragaman dalam menu ponsel.
  3. Keandalan (Reliability). Yaitu kemungkinan kecil akan mengalami kerusakan atau gagal dipakai. Misalnya kemungkinan kecil mendapat ganguan dalam menerima telepon keluar,sms,dam lain-lain.
  4. Kesesuaian dengan spesifikasi (Conformance to specifications). Sejauh mana karakteristik desain dan operasi memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Misalnya pengawasan kualitas dan desain, standar karakteristik operasional.
  5. Daya tahan (Durability). Yaitu berkaitan dengan berapa lama produk tersebut terus dapat digunakan. Misalnya umur ekonomis produk, keawetan produk.
  6. Kemampuan pelayanan (Serviceability). Yaitu meliputi kecepatan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen. Misalnya kecepatan dalam pengananan keluhan, kenyamanan dalam menangapi keluhan,fasilitas yang diberikan perusahaan.
  7. Estetika. Yaitu daya tarik produk terhadap panca indera. Misal keindahan desain produk,keunikan model produk, dan kombinasi warna.
  8. Kualitas yang dipersepsikan (Perceived quality). Yaitu citra atau reputasi produk serta tanggung jawab perusahaan terhadapnya. Misalnya pandangan konsumen terhadap Samsung, dan tanggung jawab (after sales service) yang dilakukan oleh pihak Sansung. 

Artikel Terkait :