PENYAKIT POLIP HIDUNG

Apakah penyakit Polip Hidung itu? Polip hidung merupakan daging tumbuh seperti tumor yang timbul di dalam salah satu rongga hidung atau keduanya, Edema ekstrim mukosa hidung secara bertahap melorot di bawah gravitasi untuk membentuk. Gejala polip hidung mudah merasakan sakit kepala, Hidung tersumbat terus menerus, Daya penciuman menurun, Rongga hidung terasa gatal dan sering bersin, Jika polip hidung pasien tidak diobati Dan pengobatan yang tidak tepat berulang kambuh, Ini tidak hanya akan memperburuk gejala polip hidung, Juga akan menyebabkan polip hidung banyak komplikasi, Bahaya besar, Polip hidung telah menjadi keparahan masalah kesehatan.
Polip menyebabkan benjolan daging/tumor yang bercabang pada mukosa rongga hidung yang menyebabkan tonjolan serta masuk kedalam lumen. Tangkai bisa sempit (pedunclated) atau lebar (sesile). Mukosa yang melapisi polip bisa berbagai jenis, bergantung dari tempat mana polip berasal, dapat berupa epitel kubis, torak bertingkat, serta lain lain. umumnya polip didentifikasi dengan patologi sebagai perubahan jaringan epitel terlalu berlebih yang dapat hiperplastik/neoplastik serta jinak atau ganas. Polip dapat tunggal atau majemuk, berpendukulasi (bercabang) atau (daftar tidak bercabang). Polip dapat nampak sporadic/sebagai sisi sindrom poliposis familial yang di salurkan dengan domain. Meskipun polilp dapat menyebabkan tanda-tanda, tetapi kemungkinan untuk transformasi ganas jadi kecemasan terbesar.
Polip umumnya berlangsung pada mereka yang sejak kecil menderita sinusitis, alergi serta asma. Lantas perihal ini terkait dengan tanda-tanda yang dihadapi anda yakni barangkali juga kerap bersin, pilek dan hidung terhalang ada panas atau demam dikarenakan ada infeksi yang biasanya dikeluhkan oleh pasien dengan sinusitis alergi.
Kenapa Polip Hidung Bisa Muncul ?
Hingga kini penyebab Polip Hidung belum diketahui secara pasti. Pelbagai teori dikemukakan para ahli berkenaan dengan proses terjadinya Polip Hidung. Namun kepastiannya belum diketahui. Adapun faktor penyebab yang dianggap berhubungan dengan Polip Hidung adalah reaksi alergi dan peradangan menahun yang berulang. Beberapa penyakit dan kondisi yang ditengarai berhubungan dengan Polip Hidung, diantaranya: Asma (20-50%), Rhinitis Alergika, Sinusitis Kronis, Intoleransi Aspirin, Intoleransi Alkohol, dan lain-lain (John E McClay, MD).
Gejala yang timbul akibat polip hidung
  1. Hidung mampet. Berat ringannya hidung buntu bergantung pada letak dan ukuran Polip Hidung.
  2. Suara bindeng. Penciuman menurun.
  3. Pilek berkepanjangan. Hidung meler, encer hingga kental.
  4. Kerap keluar cairan dari lubang hidung
  5. Nada merasa layaknya sengau (bindeng)
  6. Hawa tidak keluar dari di antara lubang hidung atau seluruhnya.
Keluhan-keluhan makin menjadi jika penderita mengalami alergi yang dipicu oleh berbagai faktor. Untuk memastikan diagnosa Polip Hidung, mau tidak mau periksa ke Dokter THT, melalui: pemeriksaan fisik jeroan rongga hidung, Rinoskopi, Endoskopi Nasal.

Artikel Terkait :