Pengertian Diabetes Melitus

Pengertian Diabetes Melitus adalah suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kinerja insulin atau kedua-duanya (American Diabetes Association, 2005).
Diabetes Melitus merupakan penyakit gangguan metabolisme yang ditandai dengan meningkatnya glukosa darah sebagai akibat dari gangguan produksi insulin atau gangguan kinerja insulin atau karena kedua-duanya. Penyakit ini bersifat kronik bahkan seumur hidup. Sampai sekarang, belum ada obat yang dapat mengobati penyakitnya, yang ada saat ini hanyalah usaha untuk mengendalikan glukosa darah seperti glukosa darah pada orang normal (Suhartono, 2004).
Diabetes mellitus adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemi  yang  disebabkan  oleh  gangguan  sekresi  insulin  dan  atau  kerja  insulin, sehingga  terjadi  abormalitas  metabolisme  karbohidrat,  lemak  dan  protein.  Secara klinik  Diabetes  mellitus  adalah  sindroma  yang  merupakan  gabungan  kumpulan gejala-gejala  klinik  yang  meliputi  aspek  metabolik  dan  vaskuler  yaitu  hiperglikemi puasa  dan  post  prandial,  aterosklerotik  dan  penyakit  vaskuler  mikroangiopati,  serta hampir  semua  organ  tubuh  akan  terkena  dampaknya.
 Diagnosis  DM  menurut PERKENI  atau  yang  dianjurkan  ADA(American  Diabetes  Association)  jika  hasil pemeriksaan  gula  darah:  1)  Kadar  gula  darah  sewaktu  lebih  atau  sama  dengan 200mg/dl;  2)  Kadar  gula  darah  puasa  lebih  atau  sama  dengan  126  mg/dl;  3)  Kadar gula  darah  lebih  atau  sama  dengan  200mg/dl  pada  2  jam  setelah  beban glukosa  75 gram pada tes toleransi glukosa.

Artikel Terkait :