FAKTA-FAKTA BAHASA INDONESIA YANG MENGANGUNGKAN

Ada beberapa fakta-fakta bahasa Indonesia yang mengagungkan, yang membuat kita seharusnya bangga memiliki Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia yang lahir sejak sumpah pemuda, sebenarnya berawal dari bahasa-bahasa yang ada di Nusantara.
Berikut fakta-fakta mengagumkan tentang bahasa Indonesia yang membuat kita bangga adalah sebagai berikut:
  1. Bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 Negara di dunia. Berita yang diambil dari berita yang ditulis oleh www.kompas.com .Rabu, 29 Oktober 2008. Isi berita Ini menegaskan jika bahasa Indonesia kini mulai dipelajari oleh 45 negara di dunia. Menurut Andri Hadi, negara yang mempelajari bahasa tersebut di antaranya adalah: Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Ia menjelaskan jika bahasa Indonesia menjadi bahasa popular keempat di Australia. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia di sana. Bahkan anak-anak murid kelas 6 sekolah dasar di sana sudah mahir berbahasa Indonesia. 
  2. Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh. Ho Chi Minh adalah ibukota negara Vietnam. Menurut seorang diplomat Indonesia. Pada bulan Desember 2007 Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh, Vietnam, secara resmi mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh. Selain itu Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,” Salah satu penyebab bahasa Indonesia begitu diminati oleh bangsa Vietnam antara lain karena kemungkinan meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vietnam di masa depan.
  3. Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress. Fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting WordPress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.
  4. Bahasa dan Musik Indonesia dikirim ke luar angkasa. Satelit Voyager adalah sebuah wahana luar angkasa tanpa awak yang diluncurkan amerika serikat tahun 1977 dengan beberapa tujuan yaitu: (1) Meneliti luar angkasa lebih dalam dan luar angkasa yang tidak dapat dilihat oleh mata, (2) Mencari keberadaan planet yang dapat dihuni, (3) Mencari planet yang berpenghuni. Digerakkan dengan tenaga nuklir, voyager diharapkan mampu mengirim data ke bumi sampai tahun 2025 (48 tahun setelah diluncurkan) sebelum pasokan listriknya habis. Jika listriknya habis dan voyager tidak lagi beroperasi, maka misinya dikurangi menjadi 1 yaitu: Memberi tahu keberadaan bumi pada alien yang memiliki teknologi lebih tinggi daripada kita. Isi dari piringan emas ini dipilih untuk NASA oleh sebuah tim yang diketuai oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell. Dr. Sagan dan timnya mengumpulkan 115 gambar berikut sebuah rekaman suara-suara alam, seperti suara ombak, angin, petir, serta suara-suara binatang, termasuk kicauan burung dan suara dari ikan paus. Selain itu, piringan ini juga diisi dengan musik dari berbagai budaya dan era yang berbeda, serta ucapan salam dalam 55 bahasa termasuk diantaranya bahasa Indonesia. Piringan emas ini juga menyertakan pesan tercetak dari Presiden Jimmy Carter dan Sekretaris Jenderal PBB saat itu, Kurt Waldheim.
  5. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi untuk ASEAN.
  6. Wikipedia ber-bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia, dari ratusan bahasa seluruh dunia.
  7. Lidah orang yang berbahasa Indonesia adalah lidah yang paling fleksibel untuk berbahasa asing lainnya. "Apabila kita berjalan-jalan diluar negeri, lalu kita menggunakan bahasa Inggris (misal), Orang-orang tidak akan mengira kita orang Indonesia. Bayangkan orang India, China, Jepang, Malaysia berbicara Inggris. Sefasih apapun mereka, dialek mereka tetap kental dengan bahasa kebangsaan mereka."
  8. Bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer ke empat di Australia. Ajaibnya, di pendidikan sekolah dasar disana, bahasa Indonesia merupakan kurikulum wajib. Woooow!!
  9. Fakta unik ternyata ditemukan dalam pola sederetan angka. Setiap negara, bangsa, dan daerah pasti memiliki penyebutan sendiri untuk angka-angka dari satu, dua sampai dengan sepuluh. Misalnya angka tiga kita menyebutnya di Indonesia, tapi di negara lain ada yang menyebutnya tri, three, san, tolu dan lain sebagainya.Bahkan bila ada yang masih ingat angka-angka tersebut dalam bahasa daerah, maka terkadang ada angka yang penyebutannya sama dan ada pula yang berbeda dengan Bahasa Indonesia.
1 = Satu
2 = Dua
3 = Tiga
4 = Empat
5 = Lima
6 = Enam
7 = Tujuh
8 = Delapan
9 = Sembilan
Ternyata setiap bilangan mempunyai saudara ditandai dengan huruf awal yang sama. Bila kedua saudara ini dijumlahkan angkanya, maka hasilnya pasti sepuluh.
Contohnya Satu dan Sembilan mempunyai huruf awal, yaitu S, dan bila dijumlahkan satu dan sembilan hasilnya adalah sepuluh.
Begitu juga dengan Dua dan Delapan, Tiga dan Tujuh kemudian Empat dan Enam. Berturut-turut sampai dengan angka Lima. Lima dijumlahkan dengan dirinya sendiri juga hasilnya sepuluh (10).
Tidak sampai disitu, ternyata huruf awalnya juga punya peranan penting terbentuknya bilangan itu. Misalnya Satu dan Sembilan sama-sama huruf awalnya adalah S yang secara kebetulan berada pada urutan 19 dalam alpabet.
Bila angka satu dan sembilan dijumlahkan kemudian dibagi dua untuk mencari rata-ratanya maka hasilnya adalah 5. Bentuk angka 5 sangat identik dengan huruf S.
Kemudian Dua dan Delapan. Huruf awalnya adalah D yang urutan keempat. Bila delapan dibagi dua maka hasilnya adalah empat (pembenaran).

Artikel Terkait :