Studi Ekstraksi Karaginan dari Rumput Laut Eucheuma cottonii (Kajian Jenis Larutan Perendam dan Lama Perendaman)

ABSTRAK: Eucheuma cottonii adalah salah satu varietas rumput laut penghasil karaginan yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Metode ekstraksi karaginan yang optimal dari rumput laut varietas Eucheuma cottonii perlu digali, agar impor karaginan dapat dikurangi (karena sampai saat ini 80 % kebutuhan lokal masih impor), pendapatan petani dapat ditingkatkan, dan kalau berlebih dapat diekspor untuk meningkatkan devisa negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis larutan perendam dan lama perendaman terhadap kualitas karaginan.
Materi: Pelaksanaan percobaan dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok dua faktor yang diulang tiga kali. Faktor yang dicobakan adalah jenis larutan perendam (air tawar, air kapur) dan lama perendaman (12, 18 dan 24 jam). Adapun indikator kualitas yang diamati meliputi kadar air, abu, sulfat, CaCO3, rendemen, viskositas, kekuatan gel, dan derajat keputihan.
Hasil dan Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis larutan perendam dan lama perendaman berpengaruh sangat nyata pada kualitas tepung karaginan. Kualitas tepung karaginan terbaik dihasilkan oleh perendaman dalam air kapur selama 12 jam.
Kata kunci: karaginan, larutan perendam, lama perendaman
Penulis: Warkoyo
Kode Jurnal: jppertaniandd070003

Artikel Terkait :