Parameter Fermentasi Rumen dan Produksi Gas In Vitro Jerami Padi Hasil Fermentasi Inokulum Lignochloritik

Abstrak: Degradasi lignin di dalam rumen sangat terbatas dan hanya sebagian kecil mikroba rumen yang mempunyai kemampuan mentransformasi sebagian kecil senyawa lignin tidak terkondensasi atau berbentuk monoaromatik menjadi senyawa lain yang mudah terhidrolisasi Tujuan dari penelitian adalah mengetahui hasil produk fermentasi rumen dari pakan jerami padi fermentasi (JPF) dengan isolat lignochloritik.
Metode: Perlakuan untuk evaluasi jerami padi fermentasi  terdiri dari 2 faktor yaitu faktor pertama  jenis isolat  LC1 (TLiD), LC2 (BOpR) dan kombinasi 2 isolat (LC3). Faktor kedua adalah waktu inkubasi (0,3,7,12 dan 18 hari) dengan 3 kali ulangan. Produksi gas in vitro diukur (metode Menke et al.) pada inkubasi jam ke 0, , 4, 8, 16, 24, , 48 , 72 dan 96. Parameter produksi gas yaitu produksi gas pada jam ke 0 (a), potensi produksi gas (b) dan laju produksi gas (c) dihitung menggunakan program NAWAY.  Pada akhir supernatan digunakan untuk pengukuran produksi VFA dan NH3 rumen. 
Hasil:  Produksi gas meningkat seiring peningkatan waktu inkubasi. Produksi gas tertinggi terjadi  pada 96 jam perlakuan kontrol (63,167 ml/500 mg BK). Produksi gas  JPF lebih rendah dibandingkan kontrol namun degradasi bahan organik (BO) lebih tinggi dibandingkan kontrol. Jenis isolat berpengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap produksi VFA dan NH3.  Interaksi jenis isolat dan waktu pemeraman berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap produksi VFA dan NH3.  Produksi asetat, propionat dan butirat isolat LC2 lebih tinggi  dibandingkan LC1 dan LC3, produksi NH3  LC1 lebih tinggi dibandingkan LC2 dan LC3. Fermentasi inokulum lignochloritik pada jerami padi meningkatkan sintesis protein mikroba. Produksi VFA dan NH3 paling baik pada jerami padi fermentasi dengan perlakuan inokulum BOpR dan TLiD pada hari ke 3.
Kata Kunci:  Fermentasi, produksi gas, in vitro, inokulum, lignochloritik, VFA, NH3
Penulis: Indah Prihartini,  S.Chuzaemi dan O. Sofjan
Kode Jurnal: jppertaniandd070002

Artikel Terkait :