FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI DUA SMA DI JAKARTA TIMUR TAHUN 2013


Abstrak: Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku merokok pada remaja di dua SMA di Jakarta Timur tahun 2014. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan cross sectional melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di dua sekolah tersebut. Selain kuantitatif, penelitian ini juga menggunakan kualitatif, tetapi bukan maksud untuk mencari hipotesis, yaitu melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru dan siswa untuk mengetahui apa alasan atau latar belakangdilakukannya suatu tingkah laku tertentu dalam hal ini perilaku merokok. Variabel yangditeliti adalah usia, jenis kelamin, pengetahuan, sikap, aktivitas fisik (olahraga), nilai akademik, besarnya uang jajan, iklan rokok, kemudahan membeli rokok, pengaruh guru, pengaruh teman, pengaruh keluarga.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 250 responden diketahui perilaku merokok pada siswa sebanyak 50 responden (20%). Faktor-faktor yang berhubungan p value (< 0,05) dengan perilaku merokok adalah umur dengan p value 0,001dan OR0,202, sikap dengan p value 0,005 dan OR 2,612, paparan iklan p value 0,33 dan OR 0,483, kemudahan membeli rokok p value 0,000 dan OR 0,200, pengaruh guru p value0,035 dan OR 2,633, pengaruh teman p value 0,000 dan OR 4,352 dan pengaruh keluarga p value 0,032 dan OR 2,077. Variabel pengaruh teman yang paling berhubungan dengan perilaku merokok. Remaja menghabiskan lebih banyak waktu luang mereka bersama teman sebaya, dengan yang mereka sukai dan merasa nyaman bersama nya
Disarankan bagi sekolah adanya bimbingan konseling rutin bagi semua siswa agar tidak mudah terpengaruh terhadap teman-temannya yang dapat berperilakumerugikan kesehatan. Bagi pemerintah (dinas kesehatan) meningkatkan pemberdayaansiswa melalui kerja sama dengan kelompok PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja), UKS dan PMR di sekolah dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan bantuan lain sebagai upaya promotif dan preventif terhadap perilaku merokok yang merugikan kesehatan pada remaja dan anak sekolah.
Kata Kunci: Perilaku merokok
Penulis: FEBE, S.ST, MKM
Kode Jurnal: jpkebidanandd160265

Artikel Terkait :