HUBUNGAN ANTARA REALISASI DANA BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN DENGAN INDIKATOR GIZI KIA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2012

ABSTRAK: Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) merupakan dana bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan. Tujuannya untuk membantu pemerintahdaerah melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan untuk mempercepatpencapaian Millenium Development Goals (MDGs). Kebijakan pembangunan kesehatan tahun 2010-2014 diarahkan pada tersedianya akses kesehatan dasar yang murah dan terjangkauterutama pada kelompok menengah ke bawah. Hal ini ditandaidengan peningkatan angka harapan hidup, menurunnya tingkat kematian bayi dan kematian ibu melahirkan. Salah satu bentuk prioritas program kesehatan adalah Program Gizi danKesehatan Ibu dan Anak (KIA). Fenomena ini yang menjadi motivasi penelitian ini.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metodeanalisis menggunakan regresi sederhana. Data penelitian adalah data sekunder tahun 2012 di 35 kabupaten/kota diProvinsi Jawa Tengah.
Hasil: Hasil estimasi pengaruh realisasi dana BOK terhadap cakupan kunjungan neonatus pertama/KN1 adalah signifikan (Sig.0,000 < ±=1%), pengaruh realisasi dana BOK terhadap cakupan persalinan ditolong tenaga kesehatan terlatih/Pn adalah signifikan ( Sig.0,000 < ±=1%), dan pengaruh realisasi dana BOK terhadap cakupan balita ditimbang berat badannya atau D/S adalah signifikan ( Sig.0,000 < ±=1%). Uji koefisien determinasi (r²) yaitu 0,629 untuk pengaruh BOK terhadap KN1, 0,636 untuk pengaruh BOK terhadap Pn, dan 0,690 untuk pengaruh BOK terhadap D/S. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa variabel residual berdistribusi normal, terbebas dari autokorelasi dan heterokedastisitas.
Kesimpulan: Realisasi dana BOK berpengaruh positif dan signifikan terhadap, realisasi dana BOK berpengaruh positifdan signifikan terhadap cakupan Pn dan realisasi dana BOKberpengaruh positif dan signifikan terhadap cakupan D/S.
Kata Kunci: BOK, Gizi KIA, Regresi Sederhana, Jawa Tengah
Penulis: Ulma Putri Septyantie, Malik Cahyadin
Kode Jurnal: jpkedokterandd130501

Artikel Terkait :