PENGARUH PENAMBAHAN KARBOKSIMETIL SELULOSA (CMC) TERHADAP TINGKAT CROSSLINKING DAN KUAT TARIK PEO HIDROGEL FILM

ABSTRAK: Penggunaan hidrogel film pada bidang kesehatan dan pertanian berkembang dengan pesat, hal ini di karenakan karakteristik istimewa dari hidrogel yang mampu menyerap air dan mempertahankan kandungan air didalamnya sehingga memiliki sifat lembut serta dapat dipakai pada aplikasi medis.  Hidrogel film yang dibuat menggunakan bahan dasar polietilene oksida memiliki kekuatan mekanik yang rendah. Untuk itu perlu dikembangkan hidrogel film yang memiliki karakteristik mekanik yang lebih baik dengan menambahkan karboksi metil selulosa (cmc) didalam larutan polietilen oksida.
Berbagai komposisi larutan cmc/peo (5%, 10%, 15% dan 20%) diradiasi dengan menggunakan sinar electron beam untuk mendapatkan jaringan network diantara polimer yang diradiasi. Kandungan cmc mempengaruhi berbagai karakteristik hidrogel film seperti fraksi gel, rasio swelling, sifat mekanik.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penambahan cmc sampai dengan 10%, semakin tinggi kandungan cmc, maka tingkat kroslinking, kuat Tarik dan persen pemanjangan juga semakin naik. Sebaliknya semakin tinggi kandungan cmc, maka rasio swelling justru akan semakin menurun.
Kata kunci: hidrogel, cmc,kuat mekanik, elektron beam
Penulis: Haryanto, Anissa Nur Aeni
Kode Jurnal: jptlisetrodd170317

Artikel Terkait :