PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS(Think Pair Share) memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 2 Surabaya, (2) mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran elektronika dasar di SMKN 2 Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Design (nonequivalent control group design). Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pre test didapat bahwa nilai thitung< ttabel, sehingga dapat diartikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran  yang berbeda. Dan hasil perhitungan uji-t post-test menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. yang artinya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil observasi keterlaksanaan diperoleh hasil rating adalah 86.6% termasuk dalam kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar
Penulis: FARID SETIAWAN, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd170074

Artikel Terkait :