PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN INSTALASI MACAM-MACAM TIPE MIKROFON PADA SISTEM AKUSTIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Prestasi hasil belajar peserta didik masih banyak yang kurang maksimal dan belum memenuhi KKM 75, karna disekolah masih menggunakan model pembelajaran langsung, dengan menggunakan  model pembelajaran STAD diharapkan hasil belajar peserta didik lebih maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik  pada kompetensi dasar menerapakan instalasi macam-macam tipe mikrofon pada sistem akustik (2). mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar menerapakan instalasi macam-macam tipe mikrofon pada sistem akustik di SMK Negeri 2 Surabaya.
Model yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequevalent Control Group Design dimana dalam penelitian ini terdapat dua kelas peserta didik. Kedua kelas tersebut yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung, sampel dalam penelitian ini  adalah peserta didik kelas XI-AV-4 berjumlah 33 peserta didik, dan kelas XI-AV-3 berjumlah 33 peserta didik SMK Negeri 2 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar peserta didik yaitu pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belaajar peserta didik menggunakan ranah kognitif.
Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 45,01 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,68 dengan thitung  sebesar 0.513 dengan nilai signifikansi sebesar 0.05, sedangkan ttabel sebesar 2.00 dengan nilai signifikansi sebesar 0.05 dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung < ttabel, dari perhitungan pada nilai post-test menunjukkan bahwa hasil uji-t satu pihak kanan tersebut diperoleh nilai thitung sebesar 2.162 > ttabel 2.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar menerapkan instalasi macam-macam tipe mikrofon pada sistem akustik. Dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar menerapkan instalasi macam-macam tipe mikrofon pada sistem akustik lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran sebelumnya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, pengaruh hasil belajar
Penulis: MAMANG JUNAIDI, Tri Rijanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170099

Artikel Terkait :