PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI PRINSIP PENGOPERASIAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK KELAS XI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan menerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada kompetensi dasar memahami prinsip pengoperasian sistem pengendali elektronik kelas XI TITL SMK Hamong Putera 2 Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklus. Data dikumpulkan dengan instrumen pretest dan posttest untuk aspek kognitif siswa dan lembar observasi dengan mengisikan skor untuk aspek afektif dan psikomotorik siswa. Kriteria kelulusan pada aspek kognitif dan psikomotorik adalah sekurang-kurangnya 75,00% dari seluruh jumlah siswa memperoleh nilai ketuntasan minimal sebesar 75,00, dan pada aspek afektif adalah sekurang-kurangnya rata-rata seluruh persentase indikator aspek afektif siswa mencapai 75,00 dengan skor minimal tiap indikator sebesar 75,00%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, telah di dapatkan hasil yang sesuai dengan kriteria ketuntasan, dengan rata-rata posttest siswa siklus-1 sebesar 78,33 dengan persentase kelulusan sebesar 75,00% pada aspek kognitif. Hasil observasi aspek afektif pada akhir siklus-2 telah mencapai rata-rata indikator sebesar 81,11 dengan nilai tiap-tiap indikator telah di atas 75%, sedangkan hasil observasi aspek psikomotorik pada akhir siklus-2 telah mencapai nilai rata- rata 76,25 dengan persentase kelulusan sebesar 83,34%.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, teams games tournament, sistem pengendali elektronik
Penulis: Dedy Aji Pamungkas
Kode Jurnal: jptlisetrodd170333

Artikel Terkait :