EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING EDMODO PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Abstrak: Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang menggunakan E-learning Edmodo dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional 2) Efektivitas penggunaan E-learning Edmodo terhadap hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang berjumlah 64 siswa. Kelas Eksperimen berjumlah 33 Siswa, sedangkan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode penilaian. Metode penilaian data berasal dari hasil belajar siswa sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Analiss penelitian menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan uji n-gain untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-learning Edmodo dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitain yang dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa menggunakan E-learning Edmodo terdapat peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional dengan perolehan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,94 dan kelas kontrol sebesar 74,55. 2) Penggunaan e-learning edmodo pada mata pelajaran simulasi digital siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul termasuk dalam kategori efektif diperoleh dari uji n-gain sebesar 59,6% untuk kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan e-learning edmodo yang masuk dalam kategori cukup efektif.
Kata kunci: Efektivitas, E-learning Edmodo, Simulasi Digital, Quasi Eksperimen
Penulis: Yanuar Satriya Perkasa
Kode Jurnal: jptinformatikadd160497

Artikel Terkait :