PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TSM DI SMK PN 2 PURWOREJO

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media trainer sistem penerangan sepeda Motor Honda Supra X, (2) mengetahui kelayakan media trainer sistem penerangan sepeda Motor Honda Supra X. (3) mengetahui efektivitas media trainer sistem penerangan sepeda Motor Honda Supra X terhadap hasil belajar siswa.
Fungsi penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh belajar siswa, adapun populasi penelitian yaitu kelas XI TSM PN 2 Purworejo yang terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik uji t. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran trainer penerangan yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sistem sistem penerangan sepeda motor, di SMK PN 2 Purorejo hal ini dapat dibuktikan dari (1) pengembangan media telah melalui proses mulai dari pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. (2) hasil validasi produk oleh ahli materi memperoleh angka 85% dan dari ahli media 80%, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran didalam kelas dan bengkel. (3) terdapat efektivitas dalam hasil belajar, terlihat dalam perbedaan prestasi belajar pada siswa SMK PN 2 Purworejo antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran trainer penerangan dengan siswa yang diajar menggunakan media “konvensional” setelah diberi perlakuan. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasil t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu 2.67>1.66.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Sistem Penarangan, Hasil Belajar
Penulis: Roisul Umam Suyitno
Kode Jurnal: jptmesindd170122

Artikel Terkait :