UPAYA MENGURANGI DISMENORE PRIMER DENGAN EKSTRAK JAHE ASAM JAWA PADA MAHASISWI KEBIDANAN STIKES AISYIYAH SURAKARTA

Abstrak: Dismenore adalah nyeri haid yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti tidak masuk kerja atau sekolah, apabila masalah ini tidak segera di atasi akan merugikan. Tujuan; Mengetahui efektivitas ekstrak jahe merah dan asam jawa terhadap penurunan dismenore primer pada mahasiswi Kebidanan STIKES Aisyiyah Surakarta.
Metode: Penelitian quasi experiment dengan non-equivalent pretest-postest with control group, pengambilan sampel kuota sampling. Jumlah sampel 36 subyek (18 kontrol dan 18 intervensi). Kelompok perlakuan diberikan ekstrak jahe merah dan  asam jawa 2x1 kapsul selama 5 hari dosis jahe merah 250 mg dan asam jawa 100 mg. kelompok kontrol mendapatkan kapsul yang berisi tepung amilum, diminum 2 hari sebelum menstruasi dan 3 hari saat menstruasi. Nyeri diukur dengan Numeric Rating Scale (NRS). Uji statistik dengan Wilcoxon Sign Rank Test dan Mann-Whitney.
Hasil: Terjadi penurunan skala nyeri dismenore primer setelah diberikan ekstrak jahe merah dan asam jawa pada kelompok perlakuan pada hari ke-1 sampai ke-3 (p=0,000<α=0,05) sedangkan pada kelompok kontrol tidak mengalami penurunan secara signifikan (hari 1 p=0,527; hari 2 p=1,00; hari 3 p=0,655>0,05). Tidak ada hubungan antara umur, usia menarche dan lama menstruasi terhadap penurunan dismenore primer (p=0,827;0,639;0,0,649> α=0,05).
Kesimpulan: Pemberian ekstrak jahe merah dan asam jawa selama 5 hari efektif terhadap penurunan dismenore primer
Kata kunci: ekstrak jahe asam, dismenore primer
Penulis: Suparmi
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160176

JURNAL BERHUBUNGAN: