TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG PEMBERIAN VITAMIN A DI BPS NUR NGAINI KRIKILAN BAYAT KLATEN

Abstract: Ibu nifas mendapatkan vitamin A bila mereka melahirkan di Puskesmas dan di Rumah Sakit. Di Indonesia terutama di daerah pedesaan, mayoritas ibu masih melahirkan di rumah. Hal ini sering terjadi bahwa bidan atau mereka yang membantu kelahiran tidak selalu memiliki akses akan kapsul Vitamin A. Selain itu kunjungan rumah oleh kader untuk memberikan kapsul Vitamin A jarang dilakukan. Banyak ibu bidan yang tidak tahu mengenai adanya program pemberian kapsul Vitamin A pada ibu nifas. Hal-hal tersebut di atas merupakan suatu kendala yang menyebabkan rendahnya cakupan Vitamin A pada ibu nifas.
 Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat pengetahuan ibu nifas tentang vitamin A di BPS Nur Ngaini Krikilan Bayat Klaten.
Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan waktu dalam penelitian ini adalah  Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu nifas, instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dengan distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur ibu sebagian besar umur 20-35 tahun sebanyak 25 orang (75,8 %), pendidikan SMA sebanyak 20 orang (60,6 %), pekerjaan sebagian besar ibu adalah IRT sebanyak 21 orang (63,6 %).
Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan ibu nifas tentang vitamin A sebagian besar adalah Cukup baik sebanyak 16 orang (48,5 %), sedangkan kurang baik sebanyak 2 orang (6 %), Baik sebanyak 15 orang (45,5 %).
Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Ibu Nifas, Vitamin A
Penulis: Endang Wahyuningsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120304

JURNAL BERHUBUNGAN: