PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN BANTUAN SOFTWARE MULTISIM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KEDIRI

Abstrak: Tujuan Dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak, meningkatkan aktivitas siswa serta mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa yang meliputi pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran teknik elektronika di SMKN 1 Kediri.
Penelitian ini melalui pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menggunakan model pemngembangan Research and Development (R&D), selanjutnya mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 32 siswa kelas X TAV 2 SMK Negeri 1 Kediri. Rancangan dalam uji coba menggunakan one group pretest-postest design.
Hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Penilaian (LP) dan bahan ajar dikategorikan baik. Aktivitas siswa dapat dilihat dari pertemuan pertama memperoleh persentase sebesar 81,08%, pada pertemuan kedua memperoleh persentase sebesar 81,75% dan pada pertemuan ketiga memperoleh persentase sebesar 82,86% dan mendapatkan kategori baik. Persentase ketuntasan belajar pengetahuan siswa sebesar 82,03%, persentase ketuntasan belajar keterampilan proses siswa sebesar 82,03% dan persentase keterampilan psikomotor siswa sebesar 94,45%.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement division (STAD), aktivitas siswa, hasil belajar
Penulis: Kiki Rizki Juwita Sari, Munoto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150479

JURNAL BERHUBUNGAN: