PEMBUATAN TRAINER POWER SUPPLY PADA MATA KULIAH RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNESA

Abstrak: Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang berupa trainer power supply. Adapun yang melatar belakangi adanya penelitian ini adalah pendidikan yang berorentasi pada kegiatan praktik, sehingga perlu adanya sebuah media yang sesuai dalam penyampaian materi pembelajaran selama kegiatan praktik. Media pembelajaran trainer power supply dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran terutama kegiatan praktikum mahasiswa, pada standar kompetensi penerapan rangkaian elektronika.
Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dan dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisi masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, serta hasil respon mahasiswa untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan media trainer dan jobsheet yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 77,45%. Respon mahasiswa pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dan jobsheet dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating respon mahasiswa sebesar 92,8% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa trainer power supply yang dihasilkan layak dan baik digunakan sebagaimedia pembelajaran.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Trainer power supply, Metode Penelitian Research and Development (R&D)
Penulis: Mukhammad Nur Fauzi, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150394

JURNAL BERHUBUNGAN: