PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW DAN KONSEP DIRI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MENDOYO, KABUPATEN JEMBRANA

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan konsep diri akademik terhadap prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Penelitian ini melibatkan 72 orang siswa sebagai subyek penelitian, yang diambil secara acak. Data hasil belajar diperoleh dari sebuah tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 40 butir soal, dengan indek validitas butir berkisar dari r = 0,20 s.d r = 0,73 dan indek reliabilitas Kuder Richadson 20 (KR- 20) = 0,92. Sedangkan konsep diri dikumpulkan melalui sebuah kuesioner konsep diri yang terdiri dari 35 butir dengan indek validitas butir berkisar dari r = 0,21s.d r = 0,61 dan indek reliabilitas Alpha Cronbach = 0,85. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan anava dua jalur dan uji Tukey. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 11.0 for Windows.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan konsep diri akademik terhadap prestasi belajar IPS. (3) Prestasi belajar IPS siswa yang memiliki konsep diri tinggi, yang mengikuti pembelajaran model kooperatif teknik jigsaw lebih baik daripada siswa yang memiliki konsep diri tinggi yang  mengikuti pembelajaran model konvensional. (4) Prestasi belajar IPS siswa yang memiliki konsep diri rendah, yang mengikuti pembelajaran model konvensional lebih baik daripada siswa yang memiliki konsep diri rendah,  yang mengikuti pembelajaran model kooperatif teknik jigsaw.
Kata kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif jigsaw, konsep diri akademik
Penulis: Luh Sinarni
Kode Jurnal: jppaudsddd110010

Artikel Terkait :