Pengertian Kepuasan Kerja

Ada beberapa pengertian kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan salah satu elemen yang cukup penting dalam organisasi. Hal ini disebabkan kepuasan kerja dapat mempengaruhi perilaku kerja seperti malas, rajin, produktif, dan lain-lain, atau mempunyai hubungan dengan beberapa jenis perilaku yang sangat penting dalam organisasi.
Kepuasan kerja pada dasarnya merupakan sesuatu yang bersifat individual. Setiap individu memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku pada dirinya. Makin tinggi penilaian terhadap kegiatan dirasakan sesuai dengan keinginan individu, maka makin tinggi kepuasannya terhadap kegiatan tersebut. Dengan demikian, kepuasan merupakan evakuasi yang menggambarkan seseorang atas perasaan sikapnya senang atau tidak senang, puas atau tidak puas dalam bekerja.
Adapun pengertian kepuasan kerja menurut H.Malayu S.P Hasibuan edisi refisi (2002) adalah: “Sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaanya. Sikap ini dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan, dan prestasi kerja. Kepuasan kerja dinikmati dalam pekerjaan, luar pekerjaan dan kombinasai dalam dan luar pekerjaan.”
Kepuasan kerja menurut Sondang P.Siagian (2001) adalah : “Suatu cara pandang seseorang baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif tentang pekerjaannya”. Kepuasan kerja menurut T. Hani Handoko (2000) adalah : “Keadaan emosional yang menyenangkan dengan cara bagaimana para karyawan memandang pekerjaan mereka.”
Seperti yang dinyatakan oleh Luthan (2002) bahwa kepuasan kerja adalah emosi yang menyenangkan atau positif yang merupakan hasil dari prestasi kerja atau pengalaman. Menurut Mathis dan Jackson (2001), kepuasan kerja adalah keadaan emosi yang positif dari mengevakuasi pengalaman kerja seseorang Perasaan ketidakpuasan kerja karyawan muncul pada saat harapan-harapan mereka tidak terpenuhi secara formal, kepuasan kerja adalah tingkat perasaan seseorang terhadap pekerjaannya.
Wood, Wallace, dan Zeffane (2001), mendefinisikan kepuasan kerja sebagai berikut: “job statisfactionis the degree to which individuals feel positively about there jobs. As a concept, job statisfaction also indicated the degree to which expectation in someone’s psychological contract are fulfilled” Artinya, kepuasan kerja adalah tingkat perasaan positif yang dimiliki idividu terhadap pekerjaan mereka. Artinya, kepuasan kerja juga menunjukan terpenuhinya harapan-harapan individu secara psikologis.
Berdasarkan pengertian kepuasan kerja dari beberapa ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja adalah keadaan emosi/perasaan karyawan baik yang menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan terhadap pekerjaan yang dilaksanakan yang ditandai dengan upah atau imbalan, keadaan pekerjaan, kesempatan promosi, penyelia dan rekan kerja.

Artikel Terkait :