Pengertian Agresif

Pengertian agresif menurut Patricia D. Barry (1998), adalah suatu keadaan emosi yang merupakan campuran perasaan frustasi dan benci atau marah. Hal ini didasari keadaan emosi secara mendalam dari setiap orang sebagai bagian penting dari keadaan emosional kita yang dapat diproyeksikan ke lingkungan, ke dalam diri atau secara destruktif (Yosep, 2007).
Agresif adalah suatu tindakan menyerang yang disertai dengan kekerasan baik secara fisik, verbal atau simbolik terhadap lingkungan atau terhadap diri sendiri (Direktorat Kesehatan Jiwa, 1983).
Agresif verbal menurut Schultz & Videbeck (1998) yang di kutip dari Videbeck (2008) adalah emosi yang diungkapkan melalui kata-kata yang melecehkan, tidak adanya kerja sama, pelanggaran aturan atau norma, atau perilaku mengancam. Sedangkan agresif fisik ialah perilaku menyerang atau melukai orang lain atau mencakup perusakan properti. Perilaku agresifditujukan untuk menyakiti atau menghukum orang lain atau memaksa seseorang untuk patuh.
Secara umum, orang yang agresif mengabaikan hak orang lain. Dia menganggap bahwa setiap orang harus berjuang untuk kepentingannya sendiri, dan dia mengharapkan perilaku yang sama dari orang lain. Perilaku yang agresif sering mencakup kurangnya dasar kepercayaan diri (Stuart & Sundeen, 1991).

Artikel Terkait :