Organisasi PAFI Mempawah dalam Pembangungan Negara

 

Dalam dunia kesehatan, industri farmasi menjadi salah satu sektor yang penting. Tidak hanya membantu pengobatan berbagai penyakit, namun produk-produk farmasi juga mencegah penyakit dan juga turut menjaga kesehatan masyarakat Indonesia. Disini, ahli farmasi memegang peran kunci dan berikut ulas organisasi PAFI Mempawah https://pafimempawah.org/. Menjadi wadah organisasi perjuangan dan mengembangkan komunitas ahli farmasi Indonesia.

Mengenal Lebih Dekat dan Ulas Organisasi PAFI Mempawah

PAFI menjadi organisasi yang mewadahi profesi farmasi dengan misi untuk menciptakan tenaga teknis farmasi yang mandiri, bermartabat dan dapat bersaing global. Selain itu, turut memajukan pendidikan, praktik dan riset farmasi. Sehingga dapat mendorong pemberdayaan farmasi yang mampu memberikan pelayanan berkualitas.

Anggota ahli farmasi Indonesia terlibat dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan, mulai dari rumah sakit, apotek dan juga fasilitas kesehatan yang lain. Peran anggota PAFI ini memberikan informasi terkait obat, dosis, efek samping dan konsultasi kepada para pasien.

Sejarah Berdirinya PAFI

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia menjadi organisasi pertama bidang farmasi yang dimiliki Indonesia. Berdiri pada tanggal 13 Februari 1946, yang dibentuk oleh bapak Zainal Abidin di Hotel Merdeka Yogyakarta. Pada masa itu, ia pun diangkat menjadi ketua PAFI.

Pada awal mula berdirinya, organisasi ini mewadahi profesi asisten apoteker atau tenaga teknis kefarmasian. Saat itu, IAI atau Ikatan Apoteker Indonesia belum terbentuk. Karena yang dapat menjalankannya hanya pendidikan asisten apoteker saja.

Lalu tanggal 15 September 1965 ISFI atau Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia didirikan. Sebenarnya dengan nama IAI sudah hadir sejak berdiri tanggal 18 Juni 1955. Kemudian ISFI pada kongres XVIII ISFI yang diselenggarakan di Jakarta kembali menjadi IAI.

PAFI berkedudukan di NKRI dan memiliki komitmen mendukung pembangunan di bidang kesehatan, lebih khususnya dalam aspek farmasi. Jadi, organisasi ini titik fokusnya tidak hanya pengembangan profesi secara individual. Namun memiliki peran dalam mewujudkan sistem kesehatan berkeadilan dan berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Sebagai organisasi bakti karya kefarmasian, PAFI menekankan pentingnya pengembangan SDM melalui berbagai pendidikan dan pelatihan. Dengan begitu, dapat menciptakan lingkungan untuk mendukung kemajuan dan perkembangan dunia farmasi Indonesia. Secara langsung juga berkontribusi meningkatkan pelayanan farmasi aman dan berkualitas serta mudah masyarakat akses.

PAFI Mempawah Berkontribusi dalam Pembangunan Negara

Dengan landasan nilai-nilai Pancasila, ulas organisasi PAFI Mempawah https://pafimempawah.org/ turut andil dalam pembangunan negara. Organisasi ini berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan turut memajukan sektor farmasi di tanah air.

Secara aktif terlibat dalam riset dan pengembangan farmasi. Hal ini akan mendorong inovasi dan kemajuan sektor farmasi. Tentu saja dengan memastikan standar farmasi sesuai ketetapan yang ada dan memastikan keselamatan pasien.

Disisi lain, PAFI juga memperjuangkan tingkat kesejahteraan anggota. Organisasi ini memperjuangkan hak anggota dan kondisi kerja yang layak. Untuk mewujudkan upaya tersebut, PAFI mampu menciptakan lingkungan kerja produktif dan sehat untuk para ahli farmasi. Hal ini tentu memberikan dampak positif untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, para tenaga farmasi dihadapkan pada berbagai tantangan dan peluang baru. Maka, penting untuk meningkatkan inovasi, kompetensi dan kolaborasi. Hal ini menjadi kunci sukses memberikan pelayanan terbaik dan terus melangkah untuk maju.

PAFI juga menyediakan platform untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman di antara para tenaga farmasi. Melalui ulas organisasi PAFI Mempawah https://pafimempawah.org/ ini, para ahli di bidang farmasi dapat terlibat dan ikut berperan dalam pengembangan farmasi.  Sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

Artikel Terkait :