Cara Live di TikTok untuk Pemula Lewat HP dan Laptop

 

Cara live di TikTok tak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan pemula juga bisa melakukannya secara mudah. Maka dari itu, Anda jangan ragu untuk live. Apalagi TikTok termasuk salah satu media sosial yang tengah hits saat ini.

Cara Live di TikTok Bagi Pemula dengan Mudah

Cara live di TikTok untuk pemula bisa Anda lakukan lewat berbagai perangkat. Mulai dari perangkat mobile sama dengan desktop.

Hanya saja, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu untuk bisa live di TikTok. Adapun salah satu syaratnya yaitu berkaitan dengan jumlah followers.

Pastikan Anda memiliki followers minimal 1000 akun. Setelah memenuhi syarat tersebut, Anda juga perlu memahami syarat lainnya yaitu memiliki usia lebih dari 16 tahun.

Apabila Anda memenuhi syarat tersebut, bisa langsung coba lakukan live. Akan tetapi jika belum dapat live, bisa jadi aplikasi yang Anda gunakan masih versi lama.

Jika memang demikian, Anda perlu update aplikasi TikTok ke versi terbaru terlebih dahulu. Dari semua persyaratan tadi, ada hal penting yang juga perlu Anda ketahui.

Dalam mempraktikkan cara like di TikTok untuk pemula, Anda harus menyambungkan perangkat ke koneksi internet yang stabil terlebih dahulu. Baru setelah itu, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk live di TikTok.

Cara Live TikTok Lewat HP

Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa live TikTok bisa Anda lakukan lewat berbagai perangkat, tak terkecuali perangkat mobile seperti HP sekalipun. Untuk langkahnya ialah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu membuka aplikasi TikTok yang sudah terpasang di HP terlebih dulu.
  2. Kemudian Anda bisa klik tanda + di aplikasi tersebut.
  3. Langkah berikutnya, Anda bisa menggeser ke sisi kanan.
  4. Setelah itu, Anda bisa memilih Live.
  5. Saat Anda sudah siap untuk lakukan live di TikTok, langsung saja klik Go Live.

Cara Live TikTok Lewat Laptop

Selain HP, Anda juga bisa live TikTok melalui laptop. Cara live TikTok di laptop ini tidak kalah mudah dari tutorial sebelumnya.

Terlepas dari hal itu, live TikTok lewat laptop menawarkan daya tarik tersendiri. Mengingat tampilan layarnya lebih luas dari HP.

Mengenai bagaimana cara melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut. Pastikan mencermatinya baik-baik.

  1. Anda bisa buka aplikasi TikTok di laptop.
  2. Lanjutkan dengan klik tombol + yang ada di aplikasi tersebut.
  3. Langkah berikutnya, Anda bisa mengarahkan kursor ke sisi bawah hingga menemukan Go Live.
  4. Lalu Anda bisa memilih menu Setting.
  5. Dari menu tersebut, Anda tinggal menyalin URL serta streaming key yang tersedia.
  6. Tinggal buka aplikasi OBS dan masuklah ke aplikasi tersebut.
  7. Klik menu Setting dan pilihlah Stream.
  8. Langkah selanjutnya, Anda bisa memilih Stream Type.
  9. Jika sudah, Anda bisa klik menu Custom Streaming Server.
  10. Kemudian klik Apply dan langsung saja pilih Start Streaming.

Jangan ragu mengikuti cara di atas karena Anda berkesempatan untuk mendapatkan gift dari penonton. Di sini bisa Anda tukar jadi uang dalam bentuk saldo e-wallet.

Cara Live TikTok dengan Jumlah Follower Sedikit

Apabila Anda memahami syarat yang sudah kita bahas tadi, pastinya tahu bahwa jumlah follower berpengaruh terhadap kelancaran live di TikTok. Namun Anda yang memiliki jumlah follower kurang dari 1000, tidak perlu berkecil hati. Anda tetap bisa lakukan live di TikTok dengan mengikuti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi TikTok dan langsunglah klik Halaman Profil.
  2. Lalu klik ikon yang gambarnya titik 3 dan masuklah ke menu Pengaturan.
  3. Berikutnya Anda bisa pilih menu Report A Problem dan klik Live/Payment and Reward.
  4. Langkah selanjutnya, Anda bisa pilih Live Host.
  5. Klik I Can Start Live.

Setelah mengikuti langkah di atas, Anda bisa langsung lakukan live di TikTok. Baik itu menggunakan HP maupun laptop sebagaimana cara yang sudah kita bahas sebelumnya.

Setelah tahu bagaimana cara live di TikTok, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Anda bisa buktikan sendiri betapa mudahnya melakukan hal tersebut. Saat live di TikTok pun bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi berbagai keperluan. Mulai dari hiburan, edukasi, hingga bisnis sekalipun.

Artikel Terkait :