Cara Review Jurnal Ilmiah Dan Manfaatnya


Bagaimana cara review jurnal ilmiah yang baik dan mudah dimengerti? Bagi akademisi, baik mahasiswa dan dosen, mereview jurnal ilmiah penting dilakukan sebelum memulai penelitian. Sebab, jurnal ilmiah adalah pondasi utama dari sebuah penelitian.

Untuk mendapatkan hasil review yang bagus dan mudah dipahami, cara review jurnal ilmiah perlu diperhatikan. Review yang bagus tentunya memuat informasi penting dan ringkas atau tidak bertele-tele penjelasannya.

Meski mereview jurnal ilmiah merupakan tugas yang sering diberikan saat kuliah. Namun, masih banyak mahasiswa yang tidak memahami cara review jurnal ilmiah yang baik dan benar. Bagi Anda yang belum bisa mereview dengan baik, simak penjelasan di bawah ini.

Memahami Review Jurnal Ilmiah

Sebelum kita membahas cara review jurnal ilmiah, ada baiknya memahami terlebih dulu apa itu review jurnal ilmiah? Pada dasarnya, review ini mirip seperti review artikel lainnya. Hanya saja, pada jurnal ilmiah semua informasi penting harus dicatat.

Adapun contoh jurnal ilmiah yaitu laporan hasil penelitian dari suatu lembaga riset atau lembaga akademis. Cara review jurnal ilmiah pada umumnya dilakukan dengan merangkum atau mengumpulkan sejumlah informasi penting berkaitan hasil riset tersebut.

Jurnal penelitian manajemen dan sains juga termasuk jurnal ilmiah karena dilakukan dengan menggunakan metodologi. Hasil riset yang ada di jurnal ilmiah sangat penting untuk dikaji lagi ataupun sebagai landasan penelitian baru.

Cara Review Jurnal Ilmiah

Mahasiswa yang belum pernah melakukan penelitian biasanya tidak mengetahui bagaimana cara review jurnal ilmiah yang benar. Jika Anda ingin mereview jurnal, inilah cara yang perlu dilakukan:

1. Pastikan Memilih Jurnal Relevan

Pertama-tama, Anda harus meyakinkan bahwa jurnal yang dipilih memang relevan dengan tugas ataupun jurnal yang sedang anda cari. Jika Anda sedang mencari jurnal ilmiah untuk mengembangkan suatu penelitian, setidaknya pilihlah jurnal dengan tema yang sama.

Kemudian Anda juga bisa memilih jurnal dengan melihat dari abstrak nya. Dari sini anda bisa melihat Apa masalah atau latar belakang yang dibahas. Jika latar belakang dan masalah yang diangkat sama dengan penelitian Anda artinya jurnal tersebut relevan.

Karena jurnal ilmiah nantinya akan menjadi referensi atau pondasi dari penelitian yang akan diangkat, maka Anda harus bisa memilih jurnal yang relevan. Ketidaksesuaian tema atau masalah yang diangkat oleh jurnal ilmiah akan mempengaruhi hasil dari penelitian Anda.

2. Kenali Gaya Penulisan Publikasi

Cara review jurnal ilmiah yang selanjutnya yaitu mengenali gaya bahasa dari publikasi. Setiap jurnal ilmiah tentunya memiliki publikasi yang menentukan Bagaimana format penulisannya.

Jurnal komunikasi dan jurnal ilmiah lainnya biasanya akan dipublikasikan dengan gaya bahasa yang mengikuti format penulisan tersebut. Mengetahui format dan gaya penulisannya sangat penting  untuk memudahkan kita dalam memahami isinya.

Ketika kita sudah mengetahui bagaimana standar publikasi dan formatnya akan lebih mudah untuk mengetahui gambaran sepenuhnya dari jurnal ilmiah tersebut. Bahkan, kita juga bisa mengevaluasi isinya.

3. Baca Dulu Sekilas

Cara review artikel ilmiah berikutnya yaitu membaca dahulu sekilas, tetapi menyeluruh. Artinya anda hanya perlu membaca beberapa bagian penting saja. Misalnya, latar belakang dan hasil penelitian.

Membaca sekilas juga memudahkan anda untuk menuliskannya kembali berdasarkan struktur penulisan yang sama. Pada saat membaca sekilas ini ada juga sebaiknya memulai dari pertanyaan atau masalah penelitian yang diangkat dalam jurnal.

Setelah membaca sekilas catat poin-poin penting yang anda dapatkan. Lalu baca lagi jurnal dari awal sampai selesai untuk mendalaminya dan menemukan informasi yang perlu dibahas.

4. Perhatikan Hal Penting yang Perlu Diulas

Sama seperti artikel pada umumnya, artikel atau jurnal ilmiah juga biasanya terdiri dari beberapa bagian. Ada bagian yang mengandung banyak informasi penting dan ada juga bagian yang sifatnya hanya keterangan saja. Nah, Anda harus bisa mengidentifikasi hal ini.

Hindari terlalu lama membaca atau mengulas terlalu banyak bagian yang hanya mengandung sedikit informasi penting. Sebaliknya, Anda harus lebih fokus memahami subjudul atau bagian yang paling penting dan kaya akan data.

Bagian ini sama saja dengan kunci dari jurnal ilmiah. Jadi hanya dengan mengulas bagian yang paling penting ada sama saja sudah mengetahui secara keseluruhan isi dari jurnal ilmiah tersebut.

5. Buat Catatan

Hal yang paling penting dari cara review jurnal ilmiah yaitu membuat catatan atau menuliskan kembali poin-poin penting. Jadi setelah anda membaca secara keseluruhan jurnal ilmiah, maka Anda perlu menuliskannya kembali.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus menuliskannya secara keseluruhan dan menyalin dengan lengkap. Anda bisa menuliskannya dengan gaya bahasa sendiri yang mudah dipahami dan tuliskan intinya saja.

Anda bisa menuliskannya per poin, dengan menggunakan heading, atau sub judul. Sebaiknya, buatlah catatan penting terlebih dahulu ketika anda membaca jurnal ilmiah. Saat sudah selesai membaca keseluruhan, Anda hanya perlu merapikan catatannya saja.

6. Cek Lagi Hasil Review

Setelah menuliskan seluruh hasil review, pastikan Anda juga memeriksanya lagi. Hal ini sangat penting u

ntuk memastikan bahwa tidak ada bagian atau informasi penting yang terlewat. Caranya yaitu, membaca lagi hasil review.

Bahkan, untuk benar-benar memastikan bahwa seluruh isi dan bagian terpenting telah ditulis, Anda bisa membaca lagi beberapa sub judul dari jurnal ilmiah. Membaca ulang biasanya akan memberikan sudut pandang baru atau informasi yang sebelumnya terlewat oleh Anda.

Semakin banyak data dan sumber informasi penting yang anda dapatkan maka akan semakin bagus hasil reviewnya. Oleh karena itu biasakan untuk mengecek lagi hasil review dan menambahkannya lagi jika masih ada yang kurang.

Manfaat Review Jurnal Ilmiah

Setelah membahas cara review jurnal ilmiah, kali ini kita akan membahas bagaimana manfaatnya. Karena review jurnal ilmiah sangat penting tentu hal ini juga akan memberikan manfaat untuk Anda. Antara lain yaitu:

1. Memahami Masalah Penelitian

Salah satu manfaat penting dari mereview jurnal ilmiah yaitu kita dapat memahami secara utuh bagaimana masalah penelitian yang diangkat. Memahami masalah penelitian tentu sangat penting bagi seseorang yang akan membuat penelitian.

Dengan adanya review jurnal ilmiah anda lebih menghemat waktu dan dapat dengan mudah memahaminya. Jadi saat Anda sudah melakukan review beberapa jurnal ilmiah, Anda bisa membaca ulang tanpa membuang banyak waktu.

2. Memberikan Perspektif Berbeda dari Peneliti

Selain membantu Anda memahami masalah penelitian review Dari jurnal ilmiah juga akan memberikan perspektif berbeda dari perspektif Anda. Dengan mereviewnya anda akan mendapatkan perspektif baru dari penelitinya.

Yang mana perspektif tersebut mungkin berbeda dengan pandangan Anda. Meskipun masalah atau tema penelitian yang diangkat sama. Mungkin saja sudut pandang atau framing yang digunakan dari peneliti lain berbeda dengan cara pandang Anda.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat karena landasan penelitian Anda menjadi semakin kuat. Sebab, semakin banyak Anda mengetahui berbagai perspektif penelitian berbeda, akan berpengaruh pada kualitas hasil penelitian

3. Mendorong Penulis Mengembangkan Penelitian Lebih Baik

Manfaat lainnya dari review jurnal ilmiah yaitu mendorong penulis untuk bisa mengembangkan penelitian lebih baik lagi dari peneliti jurnal tersebut. Sebab, dengan review penulis bisa mengevaluasi dan mengetahui apa saja kekurangannya 

Hal ini juga tentunya akan membuat penulis terpacu untuk mendorong penelitian yang lebih baik dan menyempurnakan dari jurnal ilmiah tersebut. Seperti yang dituliskan dalam kesimpulan dan saran merupakan gambaran dari keterbatasan penelitian tersebut.

Ketika sudah mengetahui dan memahami seluruh isi beserta kekurangan dari jurnal ilmiah, penulis bisa mengantisipasi apa saja kekurangan dalam penelitian tersebut. Kemudian, berusaha mengimplementasikan saran dari jurnal ilmiah tersebut dan melengkapi keterbatasannya.

Perlukah Menggunakan Jasa Penulis?

Jika Anda hanya membutuhkan satu atau beberapa review jurnal ilmiah saja, pasti Anda bisa melakukannya sendiri. Tapi, bagaimana jika Anda membutuhkan review jurnal ilmiah dalam jumlah banyak seperti puluhan review?

Bagi seseorang yang akan membuat tesis disertasi atau penelitian yang kompleks biasanya membutuhkan banyak review jurnal ilmiah. Jika anda memiliki keterbatasan waktu dalam mengerjakannya maka bisa mengandalkan jasa penulis artikel.

Demikian pembahasan mengenai cara review jurnal ilmiah beserta dengan manfaatnya. Sebelum mulai melakukan review pastikan anda sudah mendapatkan jurnal ilmiah yang relevan dan sesuai dengan tema penelitian yang akan diangkat.

Artikel Terkait :