ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN KERJA, PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN PT JASA RAHARJA (PERSERO) MANADO


ABSTRAK: Dalam dunia kerja yang dinamis seperti saat ini, dimana tugas semakin sering dikerjakan dalam tim dan fleksibilitas sangatlah penting. Oleh sebab itu organisasi membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga memiliki perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB). Berlandaskan pada penelitian-penelitian sebelumnya, penulis mengangkat kepuasan kerja, komitmen kerja, pemberdayaan psikologis dan kepemimpinan transformasional sebagai variabel yang memengaruhi terciptanya OCB (Organizational Citizenship Behavior) pada PT. Jasa Raharja Manado. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja, komitmen kerja, pemberdayaan psikologis dan kepemimpinan transformasional terhadap terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada Jasa Raharja Manado. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian berjumlah 39 dengan teknik total sampel maka jumlah sampel yang diambil adalalah sebanyak jumlah populasi yaitu 39 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahawa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) sedangkan kepuasan kerja, komitmen kerja dan pemberdayaan psikologis berpengaruh negatif terhadap OCB. Sebaiknya perusahaan memerhatikan dan meningkatkan kepemimpinan transormasional agar dapat mempertahankan OCB.
Kata kunci: kepuasan kerja, komitmen kerja, pemberdayaan psikologis, kepemimpinan transformational, organizational citizenship behavior (OCB)
Penulis: Heldiane Takaheghesang, Vicktor P.K. Lengkong, Greis M. Sendow
Kode Jurnal: jpmanajemendd161414

Artikel Terkait :