ANALISIS DETERMINAN PERUBAHAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh perubahan Indeks Dow Jones, perubahan Indeks Hang Seng dan perubahan Kurs IDR/USD secara parsial terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada periode yang digunakan dalam penelitian ini selama periode Januari 2012 sampai dengan Desember 2012.
Desain penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausalitas dan merupakan penelitian time series dengan objek Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Bursa Efek Indonesia (IHSG). Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan level of significant sebesar 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, secara parsial perubahan Indeks Dow Jones dan perubahan Indeks Hang Seng positif dan signifikan terhadap perubahan Indeks Harga Saham Gabunngan (IHSG), sedangkan perubahan Kurs (IDR/USD) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perubahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).  Variabel perubahan Indeks Hang Seng menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap perubahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI).  Perubahan Indeks Dow Jones berpengaruh positif dan signifikan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,160 pada nilai signifikansi sebesar 0,007. Perubahan Indeks Hang Seng berpengaruh positif dan signifikan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,450 pada nilai signifikansi sebesar 0,000. Perubahan Kurs (IDR/USD) berpengaruh negatif dan signifikan dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar -0,254 pada nilai signifikansi sebesar 0,037. Hasil uji analisis koefisien menujukkan F hitung sebesar 50,284 pada nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,391. Hal ini menjukkan bahwa 39,1% variabel dependen perubahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat dijelaskan oleh variabel independen perubahan Indeks Dow Jones, perubahan Indeks Hang Seng dan perubahan Kurs (IDR/USD). Sedangkan sisanya sebesar 60,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Perubahan IHSG, perubahan Indeks Dow Jones, perubahan Indeks Hang Seng dan perubahan Kurs (IDR/USD)
Penulis: Gurnito Ari Danardono
Kode Jurnal: jpmanajemendd161373

Artikel Terkait :