STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MANAJEMEN KEPUASAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN E-COMMERCE


ABSTRAK: Di era bisnis seperti sekarang, komunikasi bisnis perusahaan yang efektif denganpelanggan menjadi semakin penting. Sebagian besar organisasi mengakui bahwa komunikasidengan pelanggan dengan cara yang mendukung, menghormati dan mendorong pelanggan menjadisangat penting untuk mencapai keberhasilan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis dalam manajemen kepuasan pelanggan perusahaan ecommerce dan pengaruh strategi komunikasi bisnis terhadap kepuasan pemberian pelayanan pelanggan.
Penelitian ini dilakukan menggunakan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan kuesioner, serta datasekunder yang diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif serta uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi bisnis pada perusahaan yang bergerak dalam bisnis e-commerce melibatkan tingkat manajer dan staf lapangan yangberhubungan langsung dengan pelanggan dengan orientasi utama pada pemberian pelayanan yangdapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, strategi komunikasi bisnis yang diterapkantelah memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan olehperusahaan. Kepuasan pelanggan ini terlihat dari persepsi pelanggan terhadap tingginya nilai aspek fisik, keandalan, daya-tanggap, jaminan, dan empati yang ditunjukkan oleh staf di lapangan dalam memberikan pelayanan ketika pelanggan bertanya, ingin membeli, membeli atau setelah membeli produk yang ditawarkan. Temuan ini dengan jelas menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor bisnis e-commerce selama ini mampu tumbuh dan berkembang karena mereka pada dasarnya menerapkan strategi komunikasi bisnis yang relatif tepat sesuai dengan harapan pelanggan.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Bisnis, Manajemen Pelayanan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, SERVQUAL
Penulis: Dewi Suma
Kode Jurnal: jpmanajemendd161101

Artikel Terkait :