Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Berafiliasi dan Kecerdasan Emosional Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi Pada Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana


ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui motivasi berafiliasi dan kecerdasan emosional dengan komitmen organisasi sebagai variabel medias. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana yang berjumlah 215 orang. Adapun sampelnya diambil seluruh pegawai populasi dengan metode sensus. Metode pengolahan data menggunakan SPSS 17.0.
Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa motivasi afiliasi, kecerdasan emosional  berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, motivasi afiliasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, komitmen organisasi dapat memediasi pengaruh Motivasi afiliasi terhadap kinerja pegawai. Komitmen organisasi dapat memediasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai. Dari hasil pengujian hipotesis di atas dapat dikatakan bahwa kinerja dapat meningkat melalui motivasi berafiliasi, kecerdasan emosional, dan komitmen organisasi.
Kata kunci: Motivasi Berafiliasi, Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai
Penulis: Nur Adhika Latihani, Tukijan
Kode Jurnal: jpmanajemendd161099

Artikel Terkait :