PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP PEMBERDAYAAN MUSTAHIQ DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA (Studi Kasus: Desa Ternak Mandiri di Desa Dlingo Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul)


Abstract: Salah satu cara menanggulangi kemiskinan adalah dukungan orang yang mampu untuk mengeluarkan harta kekayaan mereka berupa dana maupun hewan ternak kepada mereka yang kekurangan. Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhid Yogyakarta (DPU DT Yogyakarta) sebagai Lembaga Amil Zakat yang berperan mendistribusikan zakat produktif kepada mustahiq, DPU DT juga memiliki cara pandang bahwa pendistribusian zakat produktif berupa hewan ternak dapat meningkatkan kualitas hidup. Melalui program Desa Ternak Mandiri (DTM), dimana dalam program ini pemberian zakat produktif berbentuk hewan yaitu kambing.  Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini pembahasan akan menitikberatkan pada Bagaimana Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahiq di DPU Daarut Tauhid Yogyakarta. Di mana penelitian ini merupakan penelitian laporan pengamatan lapangan yaitu penelitian terhadap data primer melalui wawancara maupun kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan analisis tambahan penghasilan, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier, dan uji sample paired T test. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penghasilan sebelum menerima zakat produktif berupa tenak berpengaruh positif terhadap konsumsi dan sedekah mustahiq, begitu juga dengan penghasilan sesudah menerima zakat produktif berupa ternak berpengaruh positif terhadap konsumsi dan sedekah mustahiq. Untuk koefisien determinasi variasi konsumsi, sedekah mustahiq berpengaruh terhadap variabel penghasilan sebelum menerima zakat produktif sebesar 52,7 persen sedangkan 47,3 persen dipengaruhi oleh variasi variabel lain diluar dari penelitian ini, begitu juga variasi konsumsi, sedekah mustahiq berpengaruh terhadap variabel penghasilan sesudah menerima zakat produktif sebesar 46 persen sedangkan 54 persen dipengaruhi oleh variasi variabel lain diluar dari penelitian ini.
Keywords: Penghasilan Mustahiq Sebelum dan Sesudah Konsumsi; Sedekah; Mustahiq Income Before and After, Consumption; Sadaqah
Penulis: Revita Sari
Kode Jurnal: jpmanajemendd151498

Artikel Terkait :