PENGARUH MARKETING RELATIONSHIP TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN NASABAH PADA AJB BUMIPUTERA 1912 KANTOR WILAYAH MEDAN CABANG MEDAN BARU


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing relationship terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervaning. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah yang menggunakan asuransi Ajb Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Medan . data penelitian diperoleh dari angket, dengan menggunakanteknik qouta sebanyak 60 responden dan di uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, model persamaan regresi dengan teknik analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukan, marketing relationship berpengaruh signifikanterhadap kepuasan dengan nilai koefisien Sig 0,002< . marketing relationship berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai koefisien Sig 0,006< . kepuasan tidak ada pengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai Sig 0,067 > . Marketing relationship terhadap loyalitas melalui kepuasan dengan nilai kooefisien pengaruh tidak langsung < pengaruh langsug (P1 x P3 < P2) yakni 0,0893 < 0,357. Hasil penelitian ini menunjukan kepuasan bukan merupakan variabel intervening terhadap loyalitas nasabah.
Kata Kunci: Marketing Relationship, Kepuasan, Loyalitas
Penulis: MUTHOLIB
Kode Jurnal: jpmanajemendd161184

Artikel Terkait :