Pengaruh Cause related Marketing pada Loyalitas Konsumen yang Dimediasi oleh Citra Merek (Studi pada Larutan Penyegar Cap Badak)


ABSTRAK: Caused-Related Marketing (CRM) adalah salah satu bagian dari tanggung jawab perusahaan yang berhubungan langsung dengan penjualan. Dalam hal ini, sebuah perusahaan yang bermitra dengan sebuah organisasi nirlaba, menciptakan hubungan saling menguntungkan yang dirancang untukmeningkatkan penjualan produk tertentu dan untuk mendapatkan dukungan keuangan untuk amal. CRM dalam penelitian ini dihipotesiskan akan memiliki pengaruh pada loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen dalam hal ini memiliki empat tahapan yaitu: loyalitas kognitif, loyalitas afektif, loyalitas konatif dan loyalitas perilaku. Pada penelitian ini kampanya CRM juga dihipotesiskan memiliki pengaruh pada citra merek yang sekaligus sebagai variabel mediasi dari pengaruh kampanye CRM pada loyalitas konsumen.
Desain penelitian pada penelitian ini menggunakan desain survei dan produk yang dijadikan subjek penelitian adalah larutan penyegar Cap Badak yang baru saja melakukan kampanye CRM pada Juni 2012. Alat analisis yang digunakan adalah regresi dan menggunakan asumsi dari Baron dan Kenny (1986) untuk menguji variabel mediasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye CRM yang dilakukan oleh larutan penyegar Cap Badak memiliki pengaruh yang positif pada loyalitas konsumen dan citra merek. Sedangkan citra merek memediasi secara parsial pengaruh dari kampanye CRM pada loyalitas konsumen.
Penulis: DWI ASRI SITI AMBARWATI
Kode Jurnal: jpmanajemendd151618

Artikel Terkait :