FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU ANGGOTA ORGANISASI (ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR)


ABSTRAK: Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam sebuah organisasi. Namundemikian bukanlah hal yang mudah untuk mengarahkan sumber daya manusia untukmencapai tujuan organisasi serta menghindari perilaku egois para anggotanya yangseringkali menjadi faktor penghambat tercapainya tujuan organisasi. Masalah yang timbul yaitu bagaimana membuat anggota organisasi untuk setia, membantu orang lain, dan patuh padaorganisasiserta bersediauntuk mengontribusikanupaya dankemampuan mereka untukorganisasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku anggota organisasi khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung,dalam hal ini faktor-faktor yang akan diteliti adalah faktor keadilan prosedural dankepemimpinan transformasional. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan prosedural, kepemimpinantransformasional, serta budaya organisasi merupakan faktor-faktor yang membentuk perilaku anggota organisasi. Pada penelitian ini faktor terbesar yang membentuk perilaku anggota organisasi adalah budaya organisasi. Budaya organisasi yang berisi nilai-nilailuhur serta kebiasaan yang baik akan membentuk karakter tenaga pendidik sehinggamereka memiliki perilaku yang baik pula dalam organisasi tersebut.
Kata Kunci: organizational citizenship behavior, keadilan prosedural, kepemimpinan Transformasional, budaya organisasi
Penulis: Habibullah Jimad
Kode Jurnal: jpmanajemendd161102

Artikel Terkait :