ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK (STUDI PADA PRODUK ELEKTRONIK ASAL KOREA DAN JEPANG)


Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan persepsi konsumen terhadap produk elektronik asal Korea dan Jepang. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah: Ada perbedaan persepsi Kualitas produk AC Korea dan Jepang.
Populasi pada penelitian ini adalah pengguna produk AC asal Korea dan Jepang di Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini sebanyak 200 orang responden denganmetode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Kuesionerdisebarkan kepada 100 orang responden pengguna AC Korea dan 100 orang pengguna AC Jepang. Analisis ini dilakukan secara kualitatif dan secara kuantitatif. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji beda (uji t) untuk melihat perbedaan persepsi konsumen terhadap AC Korea dan AC Jepang, analisis secarakualitatif menggunakan distribusi frekuensi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi kualitas produk AC AC Korea dan AC Jepang. Hal ini terlihat dari delapan variabel kualitas produk, terdapat tujuh variabel kualitas produk yang dipersepsikan berbeda oleh reponden, yaitu kinerja, kesesuaian, kehandalan, daya tahan, pelayanan, estetika serta kualitas produk yangdirasakan oleh konsumen. Pengalaman yang menyenangkan ketika menggunakan produk AC Jepang membuat konsumen mempersepsikan produk AC Jepang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk lainnya.
Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Produk
Penulis: Roslina
Kode Jurnal: jpmanajemendd161101

Artikel Terkait :