ANALISIS GREEN MARKETING PADA PERILAKU DAN SIKAP KONSUMEN


Abstrak: Sumber daya yang tersedia di alam yang terbatas dan keinginan serta kebutuhan manusia yang tidak terbatas juga menjadi masalah besar saat ini. Kondisi ini juga merubah keadaanpsikologis konsu men yang semakin perduli dengan produk atau segala sesuatu yang berkaitandengan perbaikan kondisi lingkungan atau yang biasa disebut produk-produk yang hijau (“green”) atau produk yang ramah lingkungan. Hal ini memicu para pengusaha untuk melakukan perubahan dalam strategi produk dan strategi pemasarannya, s ehingga saat ini banyak muncul produk-produk yang berlabel hijau (“green”) atau ramah lingkungan s eperti Air Minum Dalam Kemasan Ades yang berlabel hijau dengan botol plastik yang mudah diurai dan diolah kembali, produk kosmetik merek Sariayu yang tidak melakukan pengetesan produk pada hewan, kosmetik dan skincare merek Bodyshop yang juga tidak melakukan p engetasan produk pada hewan dan menggunakan bahan-bahan organik dan lain-lain.
Menurut American Marketing Association, pemasaran hijau atau green marketing adalah pemasaran produk yang mendukung k elestarian lingkungan (Mishra dan Sharma, 2012). Perusahaan akan memproduksi produk dengan sumber daya dan proses produksi yang seminimal mungkin tidak merusak alam (reduce), menggunakan b ahan-bahan yang mudah diurai, mudah digunakan kembali (reuse) dan mudah diolah kembali (recycle) yang biasa disebut dengan “3R.” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis p engaruh green marketing pada sikap dan perilaku konsumen. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah sikap konsumen memediasi hubungan antara green marketing dengan perilaku konsumen. Analisis data menggunakan r egresi dengan asumsi dari baron dan Kenny (1986) untuk menguji variabel mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing memiliki pengaruh positif pada perilaku konsumen dan sikap konsumen. Sedangkan sik ap konsumen memediasi secara parsial pengaruh dari green marketing pada perilaku konsumen.
Penulis: DWI ASRI SITI AMBARWATI, S.E., M.Sc
Kode Jurnal: jpmanajemendd151616

Artikel Terkait :