UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN KENIKIR (Cosmos caudatus Kunth.) TERHADAP PERPANJANGAN WAKTU PERDARAHAN MENCIT JANTAN GALUR BALB-C


ABSTRAK: Profil kesehatan kota Semarang tahun 2014 menunjukan angka tertinggi selama 5 tahun terjadi pada kasus penyakit jantung dan pembuluh darah, daun kenikir (Cosmos caudatus Kunth.) diketahui mengandung senyawa flavonoid yang digunakan sebagai obat tradisional untuk mencegah penggumpalan darah (antiplatelet). Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun kenikir terhadap perpanjangan waktu perdarahan pada mencit jantan galur Balb-C.
Metode : rancangan penelitian pre and post test control group design dengan jumlah sampel terdiri dari 5 kelompok. Kelompok I kontrol negatif (CMC Na 1 %), kelompok II kontrol positif (Aspirin 0,85 mg/20 g BB), kelompok III (ekstrak daun kenikir dosis 200mg/kg BB), kelompok IV (ekstrak daun kenikir dosis 400mg/kg BB) dan kelompok V (ekstrak daun kenikir dosis 800mg/kg BB). Semua dosis perlakuan diberikan secara oral selama 7 hari. Pengukuran waktu perdarahan dilakukan pada hari ke-7 dengan metode Duke. Kemudian dihitung selisih peningkatan waktu perdarahan dan persentase peningkatan waktu perdarahan. Analisis data menggunakan program Statistic package for the social science (SPSS) dengan uji ANOVA satu jalan dan uji LSD.
Hasil : Dosis 200 mg/kg BB menunjukan persentase peningkatan waktu perdarahan sebesar 37,4% dan selisih waktu perdarahan 46,0 detik, dibandingkandengan kontrol positif efek yang dihasilkan lebih bagus kontrol positif. Dosis 400mg/kg BB persentase peningkatan waktu perdarahan dan selisih peningkatanwaktu perdarahan adalah 89,4% dan 132,8 detik, dari analisis data kontrol positifdengan dosis 400 p-value > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan atau bisa disimpulkan bahwa dosis 400 mg/kgbb sebanding dengan aspirin dosis 0,85mg/20gramBB. Dosis 800 mg/kgBB menunjukan selisih waktu perdarahanlebih besar dibanding kontrol positif, sehingga dosis ekstrak 800mg/kgBB lebih bagus daripada kontrol positif ditunjukan dengan persentase peningkatan sebesar 170,7% dan selisih peningkatan waktu perdarahan adalah sebesar 245 detik.
Simpulan : Ekstrak etanol daun kenikir efektiv memperpanjang waktu perdarahan mencit jantan galur Balb-C.
Kata kunci: anti platelet, daun kenikir, perpanjangan waktu perdarahan
Penulis: Prima Manunggal Sari Setiawan, Richa Yuswantina, Niken Dyahariesti
Kode Jurnal: jpfarmasidd170086

Artikel Terkait :