UJI EFEKTIFITAS FORMULASI GEL PERASAN UMBI KENTANG (Solanum tuberosum L.) TERHADAP LAMA KESEMBUHAN LUKA BAKAR PADA KELINCI (Oryctolagus cuniculus) PUTIH JANTAN


Abstrak: Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.) memiliki kandungan karbohidrat, fosfor, kalsium, vitamin C, protein, zat besi, dan vitamin B1 yang memberikan efek penyembuhanterhadap luka bakar, terutama vitamin C sebagai pembentuk kolagen dan zat besi sebagaiantioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji efektivitas perasan kentang dalambentuk sediaan gel dengan tingkatan konsentrasi 2%, 4%, dan 8% untuk penyembuhan luka bakar.
Jenis penelitian yang dilakukan True Eksperimental menggunakan Post Test Only Control Group Design dan hewan uji digunakan sebanyak 15 ekor dengan perlakuan padapunggung kanan dan kiri. Hewan uji dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan, kelompokperlakuan (konsentrasi 2%, 4%, 8%), kelompok kontrol negatif (basis gel) dan kelompok kontrol positif (Bioplacenton). Luka bakar di punggung dengan diameter 2 cm diberiperlakuan dan diamati efek penyembuhannya selama 3-14 hari. Data yang diperoleh adalah hari kesembuhan terhadap luka bakar dan pengecilan diameter luka bakar, kemudian data hari kesembuhan dianalisis dengan menggunakan SPSS 18,0 for windows dengan tarafkepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi gel perasan umbi kentang 2%, 4% dan 8%, mampu mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Konsentrasi 8% telah memiliki efek penyembuhan yang berbeda tidak signifikan dengan kontrol positif dengan nilai signifikan (0,124> 0,05).
Kata Kunci: gel perasan umbi kentang, luka bakar, vitamin c, zat besi
Penulis: Niken Dyah Ariesti, Istianatus Sunnah,Inkanesia Novaritasari
Kode Jurnal: jpfarmasidd150597

Artikel Terkait :