Uji Efek DiuretikaJus Buah Strawberry (Fragaria ananassa) danPerasanBuahPir( PyruscommunisL) Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar


Abstrak: Penggunaan tanaman obat semakin berkembang di masyarakat, diantaranya adalah buah strawberry (Fragaria ananassa) dan perasan buahpir(Pyrus communis L.) yang mengandung senyawa flavonoid dan diduga dapatdigunakan sebagai obat alternatif diuretika.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efek diuretika jus buah strawberry dan perasan buah pir pada tikusputih jantan galur wistar.
Penelitian ini merupakan eksperimental murni dengan desain post test, terdiridari 4kelompok, kelompok I kontrol positif (furosemid), kelompok II kontrol negatif (aquadest+CMC-Na 1%), kelompok III diberi jus buah strawberry kadar 20%, kelompok IV diberi perasan buah pir dengan kadar 20%. Pengukuran volume urin dilakukan selama 8 jam, kemudian dihitung AUC (Area Under the Curve) dan % daya diuretik. Data AUC dianalisis menggunakan uji SPSS 15,0 for windows dengan uji ANOVA satu jalan dengan taraf kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan jus buah strawberry dan perasan buah pir mempunyai efek diuretika karena senyawa flavonoid yang terkandung pada buah tersebut yang mampu meningkatkan volume urin. Jus buah strawberry kadar 20% v/v memiliki efek diuretik sebanding dengan furosemid(dosis 0,5068 mg/200gBB), sedangkan perasan buah pir belum memiliki efek diuretic yang sebandingdengan furosemide (dosis 0,5068 mg/200gBB).
Kata kunci: Buah strawberry (Fragaria ananassa), buah pir(PyruscommunisL.), diuretika, flavonoid
Penulis: Richa Yuswantina, L.Ali Akbar, UswatunKhasanah
Kode Jurnal: jpfarmasidd160518

Artikel Terkait :