Uji Aktivitas Imunostimulan Infusa Daun Cermai (Phyllanthus acidus L. Skeells) Pada Tikus Jantan Galur Sprague Dawley yang Diinduksi Sel Darah Merah Domba


Abstrak: Daun cermai (Phyllanthus acidus L. Skeells) mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang diduga memiliki aktivitas imunostimulan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui aktivitas imunostimulan infusa daun cermai pada tikus Sprague Dawley yang diinduksi sel darah merah domba.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental murni (true experimental) dan desain penelitian menggunakan Pre & Post Test Control Only Design. Penelitian inimenggunakan tikus jantan 30 ekor dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kontrol negatif(aquadest), kontrol positif (Levamisol) dosis 2,97mg/200g dan infusa daun cermai (Phyllanthus acidus L. Skeells) kadar 1,2% b/v, 2,4% b/v dan 4,8% b/v. Masing-masing kelompok diberi bahan uji secara oral selama 14 hari. Pada hari ke-8, setiap tikus diinjeksi seldarah merah domba 5% secara intraperitoneal. Pada hari ke-14 setiap tikus diinjeksi sel darahmerah domba 5% secara subplantar untuk uji hipersensitivitas tipe lambat, selain itu dihitungjumlah leukosit, limfosit dan volume limpa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa infusa daun cermai kadar 4,8% b/v memiliki aktivitas imunostimulan, berdasarkan peningkatan volume udem pada uji hipersensitivitastipe lambat, peningkatan jumlah leukosit dan volume limpa yang sebanding dengan levamisol. Jumlah limfosit juga meningkat, akan tetapi tidak sebanding dengan levamisol.
Kata kunci: Daun cermai (Phyllanthus acidus L. Skeells), imunostimulan, levamisol, reaksi hipersensitivitas tipe lambat
Penulis: Dian Oktianti, Nova Hasani Furdiyanti, Agnes Barek
Kode Jurnal: jpfarmasidd150599

Artikel Terkait :