Sidik Jari Interaksi Protein-Ligan Ansambel pada Konstruksi dan Validasi Protokol Penapisan Virtual Bertargetkan Reseptor Kemokine C-X-C Tipe 4


Abstrak: Protokol Penapisan Virtual Berbasis Struktur (PVBS) bertargetkan reseptor kemokine C-X-C tipe 4 (CXCR4) telah dikonstruksi dengan menggunakan PLANTS 1.2 untuk penambatan molekuler dan PyPLIF 0.1.1 untuk identifi kasi Sidik jari Interaksi Protein-Ligan (SIPL). Penggunaan skor ChemPLP bawaan PLANTS 1.2 dan nilai Tc-PLIF bawaan dari PyPLIF 0.1.1 untuk memilih pose terbaik dalam PVBS retrospektif memberikan nilai Faktor Pengayaan (FP) di bawah nilai FP referensi (17,5). Meskipun demikian, dalam PVBS retrospektif juga dihasilkan SIPL untuk masing-masing pose hasil penambatan molekuler. Dalam penelitian yang dipaparkan dalam artikel ini, diujicobakan analisis Hubungan Kuantitatif Struktur-Aktivitas (HKSA) biner dengan prediktor baru yaitu SIPL ansambel hasil PVBS untuk menggantikan SIPL dari pose terbaik menurut skor ChemPLP maupun menurut nilai Tc-PLIF. SIPL ansambel dihitung dengan memperhitungkan seluruh pose yang memiliki skor ChemPLP di bawah skor ChemPLP tertentu dan untuk masing-masing bitstring SIPL dihitung persentase interaksi “on”. Penentuan skor ChemPLP tertentu ini dilakukan secara sistematis untuk mendapatkan skor ChemPLP yang memberikan nilai F-score dan Matthews correlation coeffi cient (MCC) paling tinggi. Hasil penelitian menunjukkan nilai F-score dan MCC dari analisis HKSA biner dengan SIPL ansambel hasil PVBS sebagai prediktor mampu mencapai nilai 0,58 dan 0,61 dengan nilai FP mencapai 323,57, jauh lebih baik dari nilai FP protokol referensi.
Kata kunci: penapisan virtual berbasis struktur (PVBS), hubungan kuantitatif struktur-aktivitas (HKSA) biner, sidik jari interaksi protein-ligan (SIPL) ansambel, reseptor kemokine c-x-c tipe 4 (CXCR4)
Penulis: ENADE PERDANA ISTYASTONO, MUHAMMAD RADIFAR
Kode Jurnal: jpfarmasidd170189

Artikel Terkait :